Integritas - Pengertian Integritas, dan Integritas Nasional - Ilmu Bahasa

Monday

Integritas - Pengertian Integritas, dan Integritas Nasional

Integritas - Halo sobat imbas dimanapun kamu berada, pada kesempatan yang baik ini, kami ingin berbagi hal yang menarik dan perlu kalian ketahui, yakni mengenai "Apa itu Integritas? - Pengertian Integritas, dan Integritas Nasional".

Integritas adalah sebuah penialaian yang berkaitan dengan kualitas kejujuran dan prinsip moral di dalam diri seseorang. Tindakan itu dilakukan secara konsisten dalam kehidupannya. Hal tersebut memang perlu dipahami mengingat banyak hal peristiwa yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan integritas, namun seolah olah peristiwa yang terjadi karena terjadinya integritas.


Integritas - Pengertian Integritas, dan Integritas Nasional

Arti kata integritas 

Arti kata integritas sendiri berasal dari bahasa Latin “Integer” yang berarti keteguhan sikap dalam mempertahankan prinsip-prinsip kehidupan. Prinsip-prinsip tersebut menjadi landasan hidup dan melekat pada diri seseorang sebagai dasar tindakannya.

Di dalamnya terkandung mutu, sifat, dan keadaan yang menunjukkan kesatuan utuh. Seseorang kemudian memiliki potensi dan kemampuan untuk memperlihatkan kewibawaan, kebijaksanaannya, dan kejujurannya.
Arti Integritas

Arti integritas dalam kehidupan ialah sebuah atribut penting yang harus dimiliki oleh seseorang, terutama yang dipercaya sebagai pemimpin. Di mana dalam setiap tindakannya terkandung nilai, metode, ukuran, prinsip, ekspektasi, dan berbagai hal lainnya.

Orang berintegrasi berarti orang yang memiliki karakter kuat, bersikap teguh, tidak mau bersikap tidak adil, tidak mau korupsi, dan melekatkan diri pada nilai-nilai moral. Kewibawaannya terpancar dalam kebijaksanaannya.

Mungkin ada yang menyamakannya dengan kredibilitas, namun sebenarnya berbeda. Kata ini mungkin memiliki kesamaan karena keduanya bersumber dari kepercayaan.

Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan. Kredibilitas lebih mneyangkut kemampuan olah pikir yaitu intelegensia, keterampilan, dan kompetensi. Sedangn integritas, lebih menyangkut kemampuan olah nurani yang berhubungan dengan kejujuran, komitmen, dan lain sebagainya.

Apa itu integritas

Apa itu integritas mungkin dapat dilihat dari cara seseorang yang ditunjuk sebagai pemimpin memimpin kelompoknya. Pemimpin yang berintegritas memiliki tiga unsur penting dalam kepemimpinannya.

Ketiga unsur itu merupakan pegangan penting bagi pemimpin tersebut. Tiga unsur penting itu adalah values, konsistensi, dan komitmen. Nilai-nilai merupakan hal dasar yang jadi pegangan pemimpin untuk bertindak.

Integritas pemimpin semakin kokoh ketika pemimpin konsisten dalam menjalankan tugas-tugasnya. Dia akan semakin dihormati, ketika setiap keputusannya tidak bertolak belakang dengan komitmennya.

Hal itu bisa dilihat dari apa yang dilakukannya sama dengan yang diucapkannya. Banyak orang menjauhi orang lain karena orang tersebut tidak mampu mewujudkan kata-kata dalam tindakannya. Hal itu terjadi karena orang tidak ingin mengalami kekecewaan.
               

Pengertian Integritas

Secara umum pengertian integritas ialah kepribadian seseorang yang bertindak secara konsisten dan utuh. Perkataan dan perbuatannya sesuai dengan nilai-nilai dan kode etik.
Agar lebih jelas, simak penjelasan pengertian integritas berdasarkan para ahli berikut ini.

1. Jack Welch

Jack Welch dalam bukunya “Winning” menyampaikan pengertian integritas adalah orang-orang yang dapat mempertanggung jawabkan tindakan-tindakan mereak dimasa lalu, dapat mengakui kesalahan mereka, dan bersedia mengoreksinya.

Orang-orang ini mengerti hukum yang berlaku baik yang tersurat dan tersirat. Dalam kehidupannya, orang-orang berintegritas menaati peraturan hukum yang berlaku itu.

Seseorang yang berintegritas ialah seseorang yang dapat dipercaya, memiliki komitmen, bertangung jawab, setia, menghargai waktu, memiliki prinsip, dan menjunjung nilai-nilai dalam hidup.

2. Dr. Kenneth Boa (President dari Reflections Ministries, Atlanta)

Dr. Kenneth Boa menyampaikan integrtias sebagai lawan langsung dari kemunafikan. Menurutnya sikap munafik tidak berkualitas untuk ditunjuk sebagai pemimpin orang lain.

Guna mencapai karakter yang lebih tinggi, semua orang membutuhkan karakter berintegritas ini. Oleh karenanya, sebuah kelompok harus dipimpin oleh seseorang yang berintegritas. Menurut Dr. Kenneth Boa, tidak ada seorang yang menaruh respek pada seseorang yang berbicara cara menjadi pemimpin yang baik tapi dirinya sendiri gagal menjadi panutan.

Kegiatan yang dilakukan pemimpin memiliki dampak besar pada orang lain. integritas berhubungan erat dengan keutuhan dan nurani seseorang.

3. Andreas Harefa

Pengertian integritas menurut Andreas Harefa ialah suatu kunci untuk menunjukkan komitmen, kejujuran, dan konsistensi dalam melakukan sesuatu.

4. Henry Cloud

Pengertian integritas berdasarkan Henry Cloud ialah sesuatu yang berhubungan dengan sifat insan manusia dalam menjalankan martabatnya sesuai dengan kedudukannya.

5. Ippho Santoso

Pengertian Integritas menurut Ippho Santoso ialah keadaan di mana pikiran, perkataan, dan perbuatan dapat menyatu sehingga menghasilkan reputasi dan kepercayaan yang baik di lingkungan.

6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian integritas menurut KBBi ialah mutu, sifat, dan keadaan yang menggambarkan keutuhan sehingga seseorang memiliki potensi, kewibawaan, dan kejujuran sebagai pemimpin.

Integritas Nasional

Jika integritas nasional di bawa ke ranah nasional, maka itu akan jadi lebih kompleks. Berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia, integritas nasional disebutkan berkaitan erat dengan politis dan antropologis.

Berikut penjabaran singkatnya.

Integritas dilihat secara politis

Integritas secara politis ialah penyatuan warga negara yang berasal dari berbagi kelompok budaya dan sosial dalam satu kesatuan wilayah, kemudian bersama-sama membentuk identitias nasional.

Integritas dilihat secara Antropologis

Integrtitas jika dilihat secara antropologis berarti berkaitan dengan proses penyesuaian berbagia macam unsur kebudayaan yang berbeda-beda. Tujuanya adalah untuk mencapai satu keserasian fungsi dalam kehidupan bermasyarakat.

Integrasi nasional juga merupakan usaha dan proses mempersatukan budaya-budaya yang berbeda dalam satu negara, dengan tujuan terciptanya keselarasan secara nasional. Baik itu dalam hal pandangan, kepercayaan, hingga membentuk satu identitas nasional.

Seperti diketahui indonesia terdiri atas pulau-pulau yang mana masing-masing pulau dihuni oleh penduduk yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Budaya dan adat daerah tersebut tidak dapat dihilangkan dari karakter lokalnya.

Maka, yang harus dilakukan pemimpin indonesia ialah menyatukan perbedaan tersebut. membuat semua orang dapat saling menghargai, bersedia mempelajari perbedaan dan hidup rukun bersama-sama adalah tugas pemimpin yang berintegritas.

Faktor Pendorong dan Penghambat Integrasi Nasional

Untuk mewujudkan kehidupan yang damai, di Indonesia dibutuhkan faktor pendorong dan menghindari faktor penghambat integrasi nasional sebagai berikut.
Faktor pendorong integritas nasional
Faktor pendorong integritas nasional antara lain:
  • Kesamaan nasib dalam sejarah
  • Rasa senasib dan sepenanggungan
  • Keinginan untuk bersatu di antara warga negara
  • Adanya rasa cinta terhadap tanah air
  • Warga negara memiliki keinginan untuk membuktikan kepemilikannya terhadap identitas nasional
  • Warga negara memiliki semangat kebersamaan untuk mengisi kemerdekaan
  • Warga negara memiliki rasa rela berkorban demi bangsa dan negara
  • Warga negara indonesia tidak melupakan perjuangan pahlawan yang telah gugur di medan perang demi kehidupan masa kini yang lebih baik dari masa lalu
  • Warga indonesia ingin mewujudkan cita-cita nasional yang terkandung dalam teks proklamasi kemerdekaan, pancasila, dan UUD 45
  • Warga indonesia ingin selalu menegakan bendera Merah Putih, bangga dengan lagu Indonesia Raya dan bahasa kesatuan: bahasa Indonesia.


Faktor penghambat integrasi nasional

Setelah mengetahui faktor pendorong integrasi nasional, berikut adalah faktor penghambat integrasi nasional yang harus dihindari.

- Sikap menyombongkan budaya sendiri
- Sikap tidak menghargai perbedaan agama, bahasa daerah, ras, dan sebagainya
- gangguan ideologi asing
- adanya ketimpangan dalam pembangunan
- adanya rasa keputusasaan dalam hal perlindungan hukum

Kesimpulan Tentang Integritas

Dari semua penjelasan di atas, maka integritas artinya kemampuan untuk mewujudkan keharmonisan dalam kehidupan sebuah masyarakat, dengan kejujuran, komitmen, wibawa, dan konsistensi yang tinggi. Seseorang yang berintegritas akan mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat luas.

Demikian pemaparan singkat tentang integritas. Semoga menginspirasi anda untuk selalu menjaga dan mengoptimalkannya.

Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top