Saturday

Pengertian dan Contoh Kata Pengantar Yang Baik dan Benar

Contoh Kata Pengantar - Kata pengantar adalah kalimat pembukaan dari si penulis, atau sebuah pengantar yang ingin di sampaikan si penulis kepada si pembaca terkait karya tulis yang di buat oleh si penulis, mau itu karya tulis ilmiah maupun non ilmiah. Kata pengantar selalu di masukkan ke dalam sebuah kartya tulis seperti skripsi, makalah, buku, dan proposal. 

Kata pengantar ini memiliki sifat yang umum, tidak hanya membahas satu topik saja, melainkan membahas secara keseluruhan hal yang menarik apa yang sedang di bahas dalam karya tulisnya. Jika si penulis mampu membuat kata pengantar dengan baik maka karya tulisnya akan semakin baik di baca. Oleh karena itu kata pengantar harus di tulis dengan singkat, jelas, dan menarik, sehingga dari kata pengantar ini para pembaca akan semakin ingin membaca karya tulis si penulis.

Definisi Kata Pengantar

Kata pengantar sendiri memiliki definisi diantara orang yang mengantarkan, alat untuk mengantara, maupun pembimbing. Kata pengantar biasanya di letakan pada bagian awal sebuah karya tulis, peletakan itu memiliki tujuan agar pembaca mengetahui bahwa dalam menyelesaikan karya tulis tersebut, si penulis telah melalui banyak hal dan ada pula beberapa pihak yang membantu penyusunan karya tulis tersebut. Selain itu juga kata pengantar juga berisi ucapan puji syukur kepada tuhan, dan harapan pembuatan karya tulis, serta ucapan terima kasih kepada beberapa pihak.

Pengertian dan Contoh Kata Pengantar Yang Baik dan Benar

Kata pengantar memiliki tiga bagian struktur yaitu pembukaan, isi dan penutupan. masing-masing memiliki bagian fungsi dan ciri khasnya tersendiri.


  • Pertama yaitu pembukaan, bagian pembuka ini berada di paragraf satu hingga dua di kata pengantar. Pada bagian ini berisi ucapan rasa syukur penulis atas selesainya karya tulis yang di tulis. Setelah ucapan syukur dan terima kasih kepada tuhan, biasanya di lanjutkan ucapan terima kasih kepada orang yang membantu pada karya tulis tersebut.
  • Kedua yaitu isi, pada bagian isi hanya berisikan sedikit gambaran mengenai isi dari karya tulis tersebut. Pemaparannya di mulai dari penyebutan judul karya tulis. Juga ada sedikit pembahasan dan bagaimana penulis menuliskan isi tersebut di dalam karya tulis.

  • Ketiga yaitu penutup, bagian penutup berisikan pemohonan maaf dan harapan si penulis dari karya tulis yang telah di buatnya. Pemohonan maaf biasanya di tujukan kepada para pembaca bila kemudian hari di temukan beberapa kesalahan dari karya tulis tersebut. Pemohonan maaf sangat di perlukan sebab si penulis tidak bertatap muka secara langsung dengan para pembaca. Untuk harapan, biasanya berisikan beberapa pandangan atau potensi lebih lanjut dari topik yang di angkat dari dalam karya tulis. Bagian harapan ini bisa menjadi upaya dari si penulis memberikan pandangan itu kepada pembaca.

Terkadang penulis juga memasukkan terlalu banyak hal yang tidak perlu, hal itu membuat kata pengantar menjadi tidak berfungsi. Untuk itu ada beberapa hal yang tidak perlu di lakukan saat penulisan kata pengantar. Pertama, jangan menulis terlalu panjang isi dari karya tulis tersebut, karena kata pengantar itu hanya halaman awal supaya pembaca sedikit memahami isi dari karya tulis. Kedua, jangan terlalu banyak memasukan ucapan terima kasih kepada banyak orang karena itu hanya membuat para pembaca menjadi bosan dan membalas karya tulis, jadi hanya cukup masukan nama orang-orang yang benar membantu dalam proses pembuat karya tulis saja. Ketiga, gunakan kata batu supaya bisa di mengerti para pembaca.

Contoh Kata Pengantar 

Berikut ini adalah contoh yang bisa dijadikan kata pengantar pada buku yang benar


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Berkat limpahan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan penulisan buku Novel yang berjudul " Kemarau Mengundang ". 

Dalam penyusunan Novel " Kemarau Mengundang " penulis telah berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan penulis. Namun sebagai manusia biasa, penulis tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan baik dari segi tekhnik penulisan maupun tata bahasa. 

Kami menyadari tanpa arahan dari pihak manajemen serta masukan – masukan dari berbagai pihak tidak mungkin kami bisa menyelesaikan Novel " kemarau Mengundang " ini. Novel " Kemarau Mengundang " ini dibuat semata-mata untuk membangkitkan kembali minat para pembaca dan sebagai motivasi dalam berkarya khususnya karya tulis. 

Untuk itu penulis hanya bisa menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, sehingga kami bisa menyelesaikan Novel ini. Demikian semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan para pembaca pada umumnya. Pontianak, 12 Oktober 2017 Penyusun .

Bagaimanapun juga, kata pengantar merupakan hal yang sangat penting ditulis dalam sebuah buku, novel, cerpen, kumpulan puisi. Karena memuat berbagai macam hal yang mencakup isi di dalam buku tersebut. Anda dapat mengetahui seperti apa isi dalam sebuah buku dengan cara membaca kata pengantar yang disampaikan oleh penulis yang terpapar di halaman depan. Semoga artikel Pengertian dan Contoh Kata Pengantar Yang Baik dan Benar bermanfaat bagi anda

   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top