Friday

Pengertian, Manfaat, Fungsi, dan Tujuan Invoice

Ilmu Bahasa - Anda diharuskan membuat sebuah contoh invoice namun tidak tahu bentuknya bagaimana? Selain itu kai akan memberi berbagai tips mengenai contoh invoice agar tagihan anda segera dibayarkan. Invoice merupakan istilan dalam bahasa inggris yang apabila anda artikan memiliki arti dalam bahasa indonesia, fuktur atau dapat disebut dengan tagihan. Secara etimolpgi, kata faktr sendiri merupakan sebuah serapan dari bahasa belanda.

Secara umum Invoice adalah lembaran yang berisi tagihan pembayaran atau pembiayaan karena terjadinya transaksi barang atau jasa yang disusun secara sistematis dan terlampir dengan baik, berisi jumlah tagihan yang harus dibayar termasuk di dalamnya berisi informasi jelas dari siapa tagihan diberikan dan untuk siapa invoice tersebut diperuntukkan.

Beberapa Contoh Invoice Lengkap

Invoice Paypal


Pengertian Dan Fungsi Invoice

Secara fungsi, contoh invoice tagihan merupakan sebuah surat tagihan pembayaran atas pemesanan barang atau jasa. Definisi tagihan atau faktur menurut beberapa sumber yakni sebuah perincian pengiriman barang yang mencatat daftar isi barang tersebut, harga dan hal-hal lain yang biasanya terkait dengan masalah pembayaran.

Contoh Invoice Dari Sebuah Perusahaan

Invoice DewaWeb

Perbedaan Invoice Dengan Struk Belanja

Invoice akan diberikan kepada penjual sebelum barang atau jasa diberikan, sedangkan struk belanja atau pembayaran akan diberikan kepada penjual pesanan yang akan diterima pembeli.

Perbedaan Invoice Atau Faktur Dengan Struk Belanja atau Pembayaran.

Yang harus ada dalam invoice, secara hukum, tak ada desain baku untuk sebuah invoice, sehingga setiap perusahaan atau kalangan bisa mengeluarkan bentuk invoice yang berbeda. Walaupun begitu, sebuah contoh invoice penagihan tetap wajib menampilkan informasi berikut:


  • Judul Surat Bertuliskan “Invoice”
Kata invoice tentunya wajib kalian tulis dalam sebuah surat contoh invoice jasa itu sendiri. Jika invoice dikirim secara digital, maka kata invoice wajib kalian tuliskan pada judul email.



  • Nama Perusahaan Atau Orang Penagih

Untuk invoice perseorangan, bagian ini bisa kalian isi dengan nama lengkap orang yang bertanggung jawab atas barang atau jasa yang sudah dipesan.

  • Alamat Lengkap Dan Kontak Penagih

Bagian ini di isi seperti halnya alamat untuk surat-menyurat; lengkap dengan kode pos.
Nomor Invoice. Apabila kita akan mengirim contoh invoice jasa perorangan secara berkala, maka nomor invoice berguna sebagai pembeda dari setiap invoice tersebut, sehingga komunikasi antara pembeli dan penjual akan lebih lancar dengan mengacu pada nomor ini.

Tanggal Penagihan

Tanggal penagihan akan tehitung sejak contoh invoice tagihan perorangan dikirim oleh penjual.

Daftar Barang Atau Jasa Yang Dipesan Beserta Rincian Harga

Pada umumnya, informasi ini akan ditampilkan dalam bentuk tabel seperti yang sudah tertera dalam sebuah struk. Selain informasi di atas, sebuah invoice bisa juga berisikan informasi tambahan seperti:

  • Logo perusahaan
  • NPWP perusahaan atau perseorangan
  • Batas akhir pembayaran
  • Cara dan metode pembayaran
  • Informasi lainnya terkait pembayaran tersebut


Tips Agar Invoice Cepat Dibayarkan

Invoice anda lama dilunasi? Mungkin kamu perlu menerapkan beberapa tips agar invoice  cepat cair:
Membuat kesepakatan batas waktu pembayaran sebelum memulai sebuah pekerjaan atau job

Tidak perlu ragu atau merasa malu jika perlu mengajukan kesepakatan ini kepada pembeli atau klien secara tertulis. Sebab, dalam masalah jual beli, perjanjian yang diakui merupakan yang tertulis di atas kertas dan ditandai dengan materai.

Mengirim contoh invoice excel dengan sopan

Cukup dengan menulis permintaan agar melunasi tepat waktu atau ucapan terima kasih sudah bekerjasama, akan meningkatkan potensi pembeli agar melunasi invoice dengan waktu yag tepat.

Menentukan Batas Akhir Pelunasan Dengan Spesifik

Jangan hanya menghimbau untuk melunasi tepat waktu, tapi coba sampaikan lebih spesifik. Misalnya dengan menyebut batas waktu pembayaran hingga pada tanggal dan jam.

Berikan Biaya Penalti Apabila Terjadi Sebuah Keterlambatan

Tentunya, biaya penalti ini akan lebih baik jika sebelum menjalankan sebuah pekerjaan.

Contoh invoice hotel 


merupakan sebuah dokumen yang digunakan sebagai suatu bukti pembelian dengan mencantumkan jumlah pembayaran yang harus dibayar oleh pembeli.

Manfaat dan Fungsi Invoice

Invoice penjualan atau lebih dikenal dengan istilah invoice merupakan sebuah dokumen yang digunakan dipakai sebagai dokumen pernyataan tagihan yang wajib dibayar oleh customer. Pada umunnya para pengusaha akan lebih mengenal dengan istilah bon. Jika dalam sebuah transaksi menggunakan nominal yang relatif kecil, maka invoice dipakai langsung untuk dokumen tagihan, demikian pula jika digunakan oleh perusahaan namun, dengan nominal transaksi yang besar, maka pada adatnya akan dilengkapi dengan dokumen surat tagihan atau kwitansi.

Perbedaan Faktur dan Invoice

Beda Invoice dan Faktur pada dasarnya keduanya mempunyai banyak kesamaan, hanya saja bahasa dan istilah yang digunakan berbeda, Seperti yang sudah kami jelaskan di atas perbedaan terletak dalam jumlah nominal ketika menjalankan proses transaksi apakah besar atau kecil.

Bahkan sebuah perusahaan jasa juga membutuhkan invoice, tapi jika seorang cliennya tak membutuhkan detail jasa yang dibayarnya maka transaksi tersebut cukup menggunakan kwitansi saja.

Yang Dibutuhkan Ketika Pembuatan Invoice

Invoice akan dibuat dengan berdasarkan barang yang sudah diserakhakn atau diterima oleh seorang customer. Namun pada situasi tertentu barang yang sudah dikirim terkadang ditola atau diterima bersyarat oleh customer. Maka dari itu invoice akan dibuat ketika delivery order sudah di tandatangani oleh customer yang menerima.

Satu pesanan pembelian dapar direalisasikan dalam sebuah transaksi dan bisa juga diserahkan secara bertahap dengan beberapa kali. Kebijakan perusahaan pada umumnya akan menetapkan pembayaran terhadap sebuah transaksi yang dijalankan ketika order pembelian sudah diterima secara keseluruhan sehingga jika ada beberapa kali transaksi maka invoice akan dibuat ketika order penjualan sudah dipenuhi semua.

Untuk itu, maka dibutuhkan informasi singkat yang memuat informasi mengenai dokumen-dokumen yang berkaitan dengan tagihan tersebut. Kebutuhan akan diperlukan baik oleh penerima tagihan atau pembuat invoice pembayaran.

Dalam Kesepakatan Order atau pesanan dalam sekala waktu tertentu maka persyaratan dalam poin kedua tidak berlaku, oleh karaena itu Invoice akan dibuat pada setiap Delivery Order yang sudah ditekan oleh penerima.

Dalam Akun akutansi maka pembuatan Invoice akan automatis akan memperbarui buku piutang dagang. Bisa kami simpulkan jika maksud diatas merupakan sebuah pembuatan invoice menjadi bagian dari akutansi yang mempunyai fungsi untuk mencatat piutang.

Dalam prosedur perusahaan maka akan menggunakan internal kontrol system akuntansi yang sangat disarankan menggunakan metode manual untuk pembuatan invoice di atas formulir dengan menggunakan sebuah nomer urut tercetak. Saat ini sistem akuntansi komputer yang digunakan maka banyak perusahaan menggunakan nomer komupterisasi. Lalu apa saja keunggulan dari penggunaan nomor tercetak tersebut?

Keunggulannya adalah menjamin terjadinya nomor ganda ketika pembuatan Invoice namun jika terjadi kegagalan, maka nomor transaksi yang dicatat di nomor berikutnya sama dengan nomor urut dokumen tercetak. Untuk lebih mengetahui lebih jelasnya dapat memperhatikan beberapa hal tentunya.

Keterangan:
  • Nomor merupakan sebuah urutan pada transaksi. Yang menggunakan form dengan nomer tercetak, sehingga nomor wajib sesuai dengan nomor urut form.
  • Order No merupakan Nomor urut pada penerimaan order. Pada saat Nomor order transaksi penjualan sudah di isi, maka secara otomatis akan di dapatkan data customer, kode nomor PO, Informasi barang juga satuan yang sudah dipesan. oleh karena itu invoice tidak lagi diperlukan untuk mencatat data yang sudah tersedia.
  • Detail Barang yakni mengenai informasi lengkap barang yang sudah direalisasikan mirip sekali dengan detail informasi barang yang ada daam order penjualan khususnya dalam hal jumlah unit, maka pembuat contoh invoice bisa dijalankan dengan sesuai.
  • Sub total merupakan jumlah total yang didapat dari harga barang yang sudah diciptakan oleh system komputer dengan cara otomatis.
  • Diskon adalah potongan dari harga dari data order penjualan, masalah ini juga dapat disesuaikan dengan baik.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan kali ini semoga selalu memberikan banyak manfaat dan ilmu di dalamnya untuk kalian semua.

   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top