Sunday

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan: Serupa Tapi Tak Sama



Memahami Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan - Apakah sebelumnya anda berpikir jika ilmu dan pengetahuan itu sama? Ya, memang pada umumnya masyarakat yang masih awam akan beranggapan bahwan ilmu dan pengetahuan itu tidak beda. Untuk itu mari kita pelajari lebih dalam lagi apa itu ilmu? Apa itu pengetahuan? Dimanakah letak perbedaan antara ilmu dan pengetahuan? Mari kita simak beberapa arti dari ilmu dan pengetahuan dibawah ini


Beberapa Definisi atau Arti Ilmu


  1. Ilmu atau sains adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya. (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu)
  2. Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu. (Sumber: https://kbbi.web.id/ilmu)
  3. Afanasyef seorang pemikir asal Rusia, menyatakan ilmu adalah manusia tentang alam, masyarakat dan pikiran. Ia mencerminkan alam dan konsep-konsep, kategori dan hukum-hukum, yang ketetapannya dan kebenarannya diuji dengan pengalaman praktis.

Beberapa Definisi atau Arti Pengetahuan

  1. Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna. (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Pengetahuan)
  2. Pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui; kepandaian: dia mempunyai pengetahuan dalam bidang teknik atau segala sesuatu yang diketahui berkenaan dengan hal (mata pelajaran): di sekolah kami diajarkan pengetahuan jahit-menjahit. (Sumber: KBBI)
  3. Menurut Notoatmodjo, pengetahuan adalah hasil dari mengetahui yang didapat setelah melakukan penginderaan terhadapt objek tertentu.
Dari beberapa pendapat diatas, kita telah mendapatkan gambaran apa perbedaan antara ilmu dengan pengetahuan. Dapat disimpulkan bahwa ilmu bagian dari pengetahuan yang sistematik, rasional, konsisten, konfrehensif dan juga memiliki sifat umum tentang fakta yang diperoleh dari pengamatan.

perbedaan ilmu dan pengetahuan


Perbedaan Ilmu dan Pengethuan


Pengetahuan adalah semua informasi yang belum tersusun, baik mengenai fisik ataupun metafisik. Pengetahuan dapat juga diartikan informasi berupa common sense, yang tidak mempunyai mekanisme atau metode tertentu. Pengetahuan diperoleh dari tradisi dan adat sehingga menjadi kebiasaan atau sesuatu yang diulang-ulang. Jadi sifat dari pengetahuan kurang kuat dan cenderung samar-samar karena kesimpulan yang didapatkan hanya berdasarkan asumsi yang belum teruji. Pengetahuan diperoleh dari pengalaman saja dan cenderung trial and error.

Sedangkan ilmu adalah usaha yang dilakukan secara sadar untuk melakukan penyelidikan, menemukan dan memahami lebih dalam dari berbagai aspek kenyataan dalam kehidupan manusia. Terdapat segi-segi yang dibatasi agar menghasilkan rumusan-rumusan pasti, sehingga ilmu memberikan petunjuk dan membatasi ruang lingkup pandangannya.

Contoh Ilmu
Contoh Pengetahuan

  1. Ilmu Alam
  2. Ilmu Sosial
  3. Ilmu Terapan 

  1. Pengetahuan Implisit
  2. Pengetahuan Eksplisit
  3. Pengetahuan Empiris
  4. Pengetahuan Rasionalisme 

Jika kita andaikan, pengetahuan itu seperti lidi yang masih berserakan atau masih menjadi bagian dari pohon kelapa, sedangkan ilmu adalah lidi yang sudah dibersihkan dan disusun agar menjadi sapu yang memiliki manfaat. Itulah perbedaan ilmu dan pengetahuan.

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan ilmu dan pengetahuan. Semoga dengan pembahasan diatas dapat menambah wawasan kita. Jangan lupa untuk share artikel yang berjudul Memahami Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan ini ke teman-teman Anda.
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top