Saturday

Pengertian Publikasi Ilmiah dan Jenis- jenis Laporan Ilmiah Terbaru



Ilmu Bahasa - Selamat datang di laman kami teman-teman. Kami akan membagikan ulasan mengenai Pengertian Pubikasi Ilmiah dan jenis jenis Laporan Ilmiah Terbaru. Dalam penentuan kenaikan pangkat dengan sistem angka kredit bagi guru, selain penilaian kegiatan belajar yaitu oenilaian kinerja berkelanjutan. Salah satunya adalah berupa publikasi ilmiah.

Berikut ini adalah jenis publikasi ilmiah yang dapat diperhitungkn angka kreditnya. publikasi ilmiah pada kegiatan penilaian kegiatan belajar mengajar (PKB) tersebut terdiri dari tiga kelompok kegiatan, yakni sebagai berikut.
Pengertian Publikasi Ilmiah dan Jenis- jenis Laporan Ilmiah Terbaru

Presentasi Pada Forum Ilmiah

Guru seringkali diundang untuk mengikuti pertemuan ilmiah. Tidak jarang mereka juga diminta untuk memberikan presentasi. baik sebagai pemrasaran atau pembahas pada pertemuan ilmiah tersebut. Untuk keperluan itu, guru harus membuat prasaran ilmiah. Prasaran ilmiah adalah sebuah tulisan ilmiah berbentuk makalah yang berisi ringkasan laporan hasil penelitian, gagasan, ulasan, atau tinjauan ilmiah.

Publikasi Hasil Penelitian/gagasann inovatif

Publikasi ilmiah guru dapat dipublikasikan dalam bentuk laporan hasil penelitian, misalnya, laporan penelitian tindakan kelas berupa tinjauan/ gagasan ilmiah yang ditulis berdasar pada pengalaman dan sesuai dengan tugas pokok serta fungsi guru. Publikasi ilmiah guru diatas, terdiri dari empat kelompok, yakni sebagai berikut:

Laporan Hasil Penelitian

Laporan hasil penelitian adalah publikasi ilmiah berisi laporan hasil penelitian yang dilakukan guru pada bidang pendidikan yang telah dilaksanakan guru.

Tinjauan Ilmiah

Makalah tinjauan ilmiah adalah publikasi guru yang berisi gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada di satuan pendidikannya. 

Tulisan Ilmiah Populer

Karya ilmiah populer adalah tulisan yang dipublikasikan di media massa. Karya ilmiah ini berkaitan dengan pengembangan profesi yang isinya mencakup pengetahuan, isi, ide, gagasan, pengalaman penulis yang menyangkut bidang pendidikan pada satuan pendidikan penulis bersangkutan.

Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan adalah tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran di satuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah.
 

Publikasi Buku Teks pelajaran, Buku Pengayaan (Pedoman Guru)

Publikasi Ilmiah pada kelompok ini seperti halnya publikasi pada kelompok hasil penelitian atau gagasan inovatif, yaitu terdiri dari beberapa jenis prublikasi, diantaranya adalah sebagai berikut.
 

Buku Pelajaran

Buku pelajaran adalah buku yang berisi pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi siswa pada suatu jenjang pendidikan atau sebagai buku utama atau pelengkap. Buku dapat ditulis guru secara individu atau berkelompok.

Modul (Diktat) Pembelajaran

Modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehigga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut. Diktat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang yang dipersiapkan untuk guru sebagai bahan untuk memperkaya materi pelajaran.

Buku dalam bidang pendidikan

Buku dalam bidang pendidikan ini dapat dicetak oleh penerbit dan ber ISBN maupun dicetak oleh penerbit tetapi belum ber-ISBN

Karya Terjemahan

Untuk kepentingan pembelajaran, guru tidak jarang memerlukan karya terjemahan. Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaranatau buku dala bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke bahasa Indonesia.

Buku Pedoman Guru

Untuk pedoman guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana-rencana kerja tahunan. Isi rencana kerja meliputi usaha untuk meningkatkan dan memperbaiki kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran. Pada Proses Kegiatan Belajar yang dilakukan. Melalui hal ini, guru memiliki pedoman dalam membuat sebuah konsep rencana Pembelajaran Tahunan pada instansi yang diikuti.  

Bagaimana?? Apakah menarik bagi anda para reader dan cendekiawan profesional? Ulas kami di media sosial anda agar bermanfaat bagi teman-teman anda. Terimakasih. Apakah anda sudah tau tentang cara membuat karya ilmiah yang baik dan benar
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top