Monday

Pengertian Diktat dan Tips Membuat Diktat yang baik dan benar



Ilmu Bahasa -  Sudah taukah mengenai diktat?, Apakah sudah tau langkah sederhana membuat diktat yang baik dan benar?, pada kesempatan yang baik ini, kami akan berbagai informasi mengenai apa sih diktat itu, dan apakah sembarang tulisan saja, ada ketentuan dalam pembuatan diktat. Mari kita simak bersama-sama. Tulisan ini kita buat dan susun mengingat ada beberapa email dari beberapa rekan kita alumni UNY Yogyakarta untuk berbagi artikel mengenai diktat.

Pengertian Diktat

Pengertian diktat menurut Purwadarminta (KBBI) Kamus Besar Bahasa Indonesia diktat adalah pegangan yang dibuat guru berupa ketikan maupun stesilan. Pengertian lain menurut Totok Djuroto Diktat adalah buku pelajaran yang termasuk kelompok karangan ilmiah hanya saja dibuatnya bukan berdasarkan penelitan, tetapi materi pelajaran dan suatu ilmu.

pengertian diktat


Diktat biasanya dibuat oleh guru, dosen atau widyaiswara untuk mata pelajaran, mata diklat yang diajarkannya. Bisa jadi seorang guru, dosen atau widyaiswara membuat buku pelajaran atau diktat yang telah diajarkannya. Dalam bagian lain diktat adalah unit terkecil dari suatu mata pelajaran yang dapat berdiri sendiri. Dapat pula dipergunakan dalam proses belajar mengajar sebagai alat bantu. Diktat disusun secara sistematik, yang mencakup tujuan dan uraian materi.

Prinsip-prinsip Penyusunan Diktat

Prinsip Relevansi

Prinsip relevansi adalah keterkaitan, materi yang hendak ditulis hendaknya relevan dengan pencapaian standar kompetensi yang ingin dicapai, sehingga diktat tersebut benar-benar hanya fokus dan tidak melebar kemana-mana. 

Prinsip Konsistensi 

Prinsip konsistensi artinya keajegan, jika kompetensi dasar yang harus dikuasai empat macam, maka pembahasan yang ada di dalam diktat tersebut harus meliputi empat macam hal tersebut. Hal ini dilakukan agar kualitas sebuah diktat memang benar-benar maksimal dalam segi isi dan arah diktat tersebut dibuat. 

Prinsip Kecukupan

Prinsip kecukupan artinya materi yang diajarkan hendaknya mencukupi dalam membantu peserta diktat menguasai kompetensi yang akan diajarkan, materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak Jika terlalu sedikit akan berdampak kurang maksimal, jika terlalu banyak akan buang - buang waktu dan tenaga. Singkat, padat, jelas, rinci.

Ketentuan - ketentuan Pembuatan Diktat

Sampai saat ini belum ada aturan baku tentang pembuatan diktat yang khusus, namun mengingat diktat merupakan bagian kecil dari buku paket maka ketentuan pembuatan diktat hampir sama dengan pembuatan buku paker, antara lain:

Persyaratan yang berkaitan dengan isi

Memuat sekurang-kurangnya materi minimal yang harus dikuasai peserta didik, relevan dengan tujuan dan sesuai dengan kemampuan yang akan dicapai, sesuai dengan ilmu pengetahuan yang bersangkutan, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sesuai dengan jenjang dan sasaran, isi, serta bahan mengacu pada kompetensi dalam kurikulum yang sedang digunakan. 

Persyaratan yang berkaitan dengan cara penyajian

Uraian teratur, saling memperkuat dengan bahan lain, menarik minat dan perhatian peserta, menantang dan merangsang peserta didik untuk mempelajari, mengacu pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, serta menghindari penyajian yang bertele-tele.

Persyaratan yang berkaitan dengan bahasa

Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, menggunakan kalimat yang sesuai dengan kematangan dan perkembangan peserta, menggunakan istilah, kosakata, symbol yang mempermudah pemahaman, dan menggunakan kata-kata terjemahan yang dibakukan.

Persyaratan yang berkaitan dengan ilustrasi

Relevan dengan bahan ajar yang dibuat, tidak menggunakan kesinambungan antar kalimat, antar bagian, dan antar paragraf. Merupakan bagian terpadu dari bahan ajar. Jelas, baik, dan merupakan hal-hal yang esensial yang membantu untuk memperjelas materi yang ada dalam diktat. 

Langkah-langkah membuat buku Diktat 

Berikut ini  tips sederhana membuat diktat yang sudah kami rangkum adalah sebagai berikut.
1. Terapkan Kompetensi
2. Ringkaslah Materi tersebut
3. Tulislah Diktat
4. Validasi
5. Pengesahan

Cukup sampai disini dulu pembahasan dan pemaparan sederhana mengenai diktat dan langkah-langkah sederhana membuat diktat. Apabila ada yang ingin ditanyakan,jangan sungkan mengirimkan email pada kami atau berikan komentar di bawah artikel ini agar kami bisa merespon
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top