Tuesday

10 Ciri-ciri Buku Paket Siswa yang Baik dan Berkualitas



Ilmu Bahasa - Halo kawan-kawan semuanya, terutama bagi para guru guru, sudah pernahkah mengalami membeli buku paket sekolah, sepeti buku paket Bahasa Indonesia murah, Buku paket Matematika terbaik dan murah, Buku paket siswa SMP atau Buku paket SMA dengan tampilan tebal, tapi isinya ternyata tidak seperti tebalnya buku tersebut?, pernahkah membeli sebuah buku paket mata pelajaran yang mahal tapi isinya biasa saja dan bahkan pernah tidak anda membeli buku paket sekolah tapi setelah dibaca anak tetap saja anak tidak paham dengan isinya?, Nahhh... pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips memilih buku paket mata pelajaran yang baik dan berkualitas, dengan melihat ciri-ciri buku paket yang baik dan berkualitas.
10 Ciri-ciri Buku Paket Siswa yang baik dan berkualitas

Berikut ini 10 ciri-ciri buku ajar atau buku paket yang baik dan berkualitas

Sudut Pandang (Point Of View)

Buku ajar harus mempunyai landasan, prinsip, dan sudut pandang tertentu yang melandasi atau menjiwai buku ajar secara keseluruhan. Sudut pandang ini dapat berupa teori psikologi, bahasa, dan sebagainya.

Kejelasan Konsep

Konsep-konsep yang digunakan di dalam buku paket pelajaran haruslah jelas dan mudah dipahami. Adanya penafsiran ganda perlu dihindari agar siswa atau pembaca pun mampu memahami dan menangkap dengan jelasapa yang diterangkan dalam buku paket tersebut. 

Relevan dengan Kurikulum

Buku paket yang baik memang harus sesuai dengan perkembangan kurikulum yang sudah diberlakukan oleh Kementrian Pendidikan. Karena jika buku paket tidak memenuhi kriteria kurikulu yang sudah berlaku sama saja membeli buku lama yang masih dalam kemasan. Anda sebagai orang tua harus sadar betul mengenai kurikulum apa yang sekarang sedang diberlakukan untuk buah hati anda di sekolah.

Menarik Minat

Buku paket yang ditulis untuk siswa. Buku paket juga harus memenuhi sasaran pembacanya pada rentang sekolah tingkat apa, SMP, SMA, SD, atau segala segmen sekolah. Karena penulisan buku ajar atau buku paket haruslah mempertimbangkan minat para siswa pemakai buku tersebut. Semakin sesuai dengan minat dan segmen siswa, maka semakin tinggi juga ekspektasi buku paket tersebut dalam menarik minat siswa.

Menumbuhkan Motivasi siswa

Buku paket pelajaran juga harus dapat menjadi pemicu motiasi siswa dalam belajar. Anda sebagai guru harus tau betul karakter siswa anda dengan buku paket apa dari penerbit mana yang cocok untuk diajarkan pada murid anda. Motivasi yag dimaksud kami adalah penciptaan kondisi yang ideal sehingga seseorang ingin, mau, senang mengerjakan sesuatu. Buku ajar yang baik adalah buku yang mampu memengaruhi siswa dan pembelajar seperti guru dan orang tua siswa agar dapat menstimulasi siswanya untuk mengerjakan, mempelajari, dan memahami apa yang diinstruksikan dalam buku paket mata pelejaran trsebut.

Menstimulasi Aktivitas Siswa

Buku ajar yang baik adalah buku ajar atau buku paket yag mampu memberikan stimulasi menantang dan mengingatkan aktivitas pembelajaran siswa. Karena begitulah konsep yang diusung CBSA. Tujuannya agar orang tua siswa juga mampu memberikan stimulasi kepada anaknya pasca dirumah untuk mempelajari atau memberikan pemahaman kala si anak tidak mampu memahami apa yang diajarkan oleh gurunya di sekolah.

Ilustratif

Buku paket dengan ilustrasi yang baik, bagus, menarik, dan relevan akan memberikan pandangan pada anak didik untuk lebih bisa memahami isi konten dan instruksi yang dipaparkan dalam buku paket tersebut. Sehingga hal ini akan meringankan kinerja pembelajaran guru sebagai centre of teory, tapi anak didik secara dengan sendirinya mampu memahami pemaparan yang ada dalam buku melalui ilustrasi yang dipaparkan.

Dapat Dipahami Siswa

Pemahaman harus didahului oleh komunikasi yang tepat, faktor utama yang berperan adalah bahasa. Bahasa buku ajar hendaknya sesuai dengan bahasa siswa, kalimat efektif, terhindar dari makna ambigu, sopan, menarik, dan tidak membosankan. Hal ini perlu dilakukan karena terkadang ada siswa yang memang rajin membeli buku paket baik yang dianjurkan guru atau atas kemauan sendiri, namun tidak pernah dipelajari, dibaca pun tidak. Oleh karena itu, buku paket perlu memuat bahasa-bahasa yang familiar bagi anak didik. Sehingga apa yang ingin disampaikan oleh guru dan apa yang diterima itu sinkron, tidak terjadi salah pemahaman.

Menghargai perbedaan individu

Buku paket yang baik dan benar adalah yang menglobalisasi tanpa membedakan suku, agama, ras, dan sosial budaya yang ada. Karena hal itu sangat rentan menjadi pemicu bakal bagi anak untuk tidak menjadi anak yang memilih-milih dalam berinteraksi dengan lingkungan, baik di sekolah ataupun di luar sekolah.

Memantapkan Nilai-nilai

Buku paket yang baik adalah buku yang berusaha untuk memantapkan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. Uraian-uraian yang menjurus kepada penggoyahan nilai-nilai harus dihindarkan.

Nahh... Sudah paham bukan???, Jadi sebagai guru ataupun orang tua anda harus benar benar peka dan paham mengenai seperti apa si buku yang cocok dan ideal bagi perkembangan berpikir anak untuk pendidikan agar berkesinambungan baik dan sempurna. Demikian pemaparan kali ini, semoga bermanfaat bagi anda dan anak didik anda. Salam Kami Ilmu Bahasa

Sudah taukah soal Rahasia Tugu Jogjakarta? Yuk, simak artikelnya.
 
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top