Thursday

Proses dan Fungsi Manajemen - Tips Menjadi Manajer yang Sukses



Ilmu bahasa - Ralec Mackenzie (1969) mencoba menggambarkan proses manajemen dengan menambilkan diagram atau chart yang cukup sederhana dan gamblang, menurutnya,ada tiga unsur manajemen yang perlu diingat baik-baik, yakni unsur ide-ide (ideas) yang berkaitan dengan pemikiran konseptual dimana perencanaan merupakan suatu bagian terpenting, kedua unsur things yang berkaitan dengan administrasi, dan yang ketiga adalah manusia (people) yang berkaitan dengan bagaimana caramengarahkan manusia menjadi pemimpin. Kepemimpinan dan administrasi dalam hal ini sebagaimana konsep umum yang sering digunakan pada umumnya. 

Dalam konteks yang digambarkan disini adalah keomimpinan dan administrasi sebagai salah satu fungsi manajemen. Inilah yang disebut tiga unsur dimensi. Makanya tidak heran jika sebuah perusahaan memberikan persyaratan sebagai seorang manajer agar tahu mengenai 3 dimensi ini, Perencana, administrator dan pemimpin. Tentunya teman-teman pada memiliki pertanyaan, lantas apa yang harus didahulukan diantara ketiganya? studi di kanada menyatakan bahwa seseorang yang memiliki bakat untuk menjadi seorang manajer adalah yang memiliki ide. Ide ini mengacu pada administrasi keuangan, yang kemudian secara pakem akan mempengaruhi proses kepemimoinan seseorang menjadi manajer sebuah perusahaan.

Untuk mempermudah pembahasan kali ini , kami akan paparkan definisi yang akan mempermudah anda dalam memahami 3 dimensi diatas.

Manajemen : Mencapai tujuan bersama dengan orang lain.

Administrasi : mengelola dan mengatur rincian kerja dan tugas para pelaksananya

Kepemimpinan : Mempengaruhi orang untuk mencapai tujuan apa yang diinginkan.


Fungsi Manajemen

Sebuah manajemen memiliki fungsi yang penting bagi proses berjalannya sebuah perusahaan, disamping sebagai departemen yang menjadi sumbu perputaran sebuah perusahaan, juga sebagai pihak yang mengatur dan meningkatkan omset perusahaan untuk menjadi perusahaan yang berkembang ke depannya.
Setidaknya kami rangkumkan fungsi manajemen dalam organisasi.
  • Manajemen berfunngsi sebagai sebuah konsep kesatuan bulat dan menyatu  tentang semua aktifitas dalam perusahaan.
  • Manajemen berfungsi menciptakan sebuah sistem yang disepakatii bersama demi keberlangsungan perusahaan.
  • Manajemen berfungsi sebagai suatu langkah menuju standarisasi terminologi.
  • Manajemen berfungsi agar dapat membentuk pola pemimppin, ide, dan administrasi sebagai salah satu dimensi kesatuan yang saling berhubungan.

Prinsip Manajemen

Beberapa prinsip manajemen dapat dikemukakan diantaranya sebagaimana di bawah ini. 

Pembagian Kerja

Apabila ada kejelasan tentang siapa yang mengerjakan, maka suatu kelompok akan berhasil guna dan berdaya guna karena baik secara sistem kerjanya. 

Disiplin

Ketaatan peraturan yang telah disepakati bersama dan kesadaran anggota yang tinggi tentang tanggung jawab dan tugasnya amat menentukan keberhasilan manajemen. 

Kesatuan perintah

Perlu adanya satu komando perintah saja agar tidak terjadi konflik dan kesimpangsiuran.

Kesatuan Arah

Penyatuan arah tujuan sebuah perusahaan yang berada dalam wilayah manajerial.Kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi. kepentingan anggota diperhatikan, namun kepentingan bersama lebih diutamakan. 

Rantai berjenjang dan rentang kembali

manajemen dilakukan secara bertingkat-tingkat dan merupakan mata rantai yang berjenjang. Hal ini biasanya akan menghasilkan efektifitas yang tinggi dan maksimal. 

Semoga bermanfaat bagi anda dan memberikan motivasi tersendiri bagi anda bahwa menjadi manajer itu bukan hal yang sulit
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top