Monday

Pengertian Paragraf Argumentasi Lengkap dengan Jenis, Ciri dan Contohnya



Pengertian Paragraf Argumentasi  Lengkap dengan Jenis, Ciri dan Contohnya - Paragraf Argumentasi ialah jenis dari Paragraf yang sering kita temukan di kehidupan sehari – hari mulai dari di tajuk, soal esai, wawancara dan masih banyak lagi. Tetapi apakah kita tahu bagian manakah dari teks tersebut yang merupakan Paragraf Argumentasi, jangan – jangan kalian tidak tahu PENGERTIAN dari Paragraf Argumentasi Ini dan jika memang tidak tahu maka bersyukurlah kalian karena kali ini admin akan membahas tuntas dari Paragraf Argumentasi mulai dari pengertian, jenis, ciri dan juga contoh dari Paragraf Argumentasi ini.

Oke langsung saja kita bahas tentang si Paragraf Argumentasi agar kalian tahu lengkap keterangan mengenai si Paragraf Argumentasi ini. Yup langsung saja di simak keterangan di bawah ini yaitu :


Pengertian Paragraf Argumentasi


Jadi yang pertama kita bahas adalah pengertian dari Paragraf Argumentasi. Nah Paragraf Argumentasi adalah paragraf yang berisi tentang gagasan utama dari sebuah sumber seperti pendapat, ulasan, ide dan bahasan yang di buat oleh seorang yang menulisnya untuk membahas sebuah hal. Nah kalo tujuan dari Paragraf Argumentasi ini adalah untuk menyakinkan atau membuat para pembaca yang membacanya percaya kepada apa yang di tulis oleh orang tersebut untuk hal tersebut, sehingga tujuan dari penulis bisa tercapai, pada Paragraf Argumentasi ini juga harus terdapat fakta yang aktual yang berupa terori para ahli, hasil, reseach, contoh, data dan hal lainnya yang menyangkut tentang fakta.

contoh, jenis, ciri, pengertian paragraf argumentasi


Hal tersebut di gunakan untuk menguatkan saran dari yang di perlihatkan atau tampilkan pada Paragraf Argumentasi tersebut, Sehingga Paragraf Argumentasi yang di tulis bukan sekedar bualan atau hoax karena sudah terdapat fakta di dalamnya yang membuat orang yang membaca akan sepakat dengan apa yang ada di Paragraf Argumentasi tersebut.

Jenis Paragraf Argumentasi.


Berdasarkan pengertian dari Paragraf Argumentasi yang telah kalian baca di atas berikut ini adalah jenis dari paragraf argumentasi ada dua jenis berdasarkan pengembangan hal yang di bahas pada Paragraf Argumentasi tersebut yaitu : 

Paragraf Argumentasi dengan susunan akibat-sebab dan Paragraf Argumentasi dengan susunan sebab-akibat nah mari kita bahas tentang kedua jenis Paragraf Argumentasi tersebut.

Paragraf Argumentasi dari SUSUNAN AKIBAT-SEBAB


Jenis yang pertama dari Paragraf Argumentasi ini adalah AKIBAT SEBAB. Nah Jenis AKIBAT SEBAB adalah Paragraf Argumentasi yang pada teksnya itu di awalai dengan pendapat – pendapat yang merupakan sebuah akibat dari hal yang mereka bahas dari Paragraf Argumentasi tersebut dan yang menjadi bagian akhirnya adalah terdapat penjabaran dari penyebabnya suatu hal yang mereka bahas di paragraf tersebut bisa terjadi.


Paragraf Argumentasi dari SUSUNAN SEBAB- AKIBAT


Jenis yang kedua dari Paragraf Argumentasi ini adalah SEBAB AKIBAT. Jadi Jenis SEBAB AKIBAT adalah Paragraf Argumentasi yang di bagian awalnya itu besisikan pendapat yang sama dari sebuah masalah dan pada bagian akhir dari Paragraf Argumentasi tersebut akan di luruskan pada sebuah kesimpulan yang  berisikan tentang sebab – sebab terjadinya masalah tersebut mengapa dapat terjadi.


Ciri Paragraf Argumentasi


Berdasarkan jenis dari Paragraf Argumentasi yang telah kalian baca di atas berikut ini adalah ciri dari paragraf argumentasi yaitu :
  1. Ciri yang pertama dari Paragraf Argumentasi ini adalah Kontent yang terdapat pada Paragraf Argumentasi biasanya besisi tentang pandangan, keyakinan penulis atau bisa juga tentang pendapat dari sipenulis Paragraf Argumentasi ke terhadap hal yang dia bahas dalam Paragraf Argumentasinya.
  2. Mempunyai data yang fakta jadi bukan sekedar hoax atau kata – kata bualan mengenai suatu hal yang di tulis pada Paragraf Argumentasi teresebut. Itulah Ciri yang kedua dari Paragraf Argumentasi.
  3. Ciri yang ke tiga dari Paragraf Argumentasi ini adalah Menganalogikan dan juga mengalanisa suatu masalah yang di bahas pada Paragraf Argumentasi yang di tulis untuk mendapatkan penjabaran mengenai suatu hal tersebut. 
  4. Biasanya untuk bagian penutup dari sebuah Paragraf Argumentasi akan berisikan tentang kesimpulan dan bukan sebagai penegas dari topik yang di bahas pada Paragraf Argumentasi itu. Itulah Ciri yang terakhir dari Paragraf Argumentasi.

Contoh Paragraf Argumentasi


Berdasarkan ciri dari Paragraf Argumentasi yang telah kalian baca di atas berikut ini adalah contoh dari paragraf argumentasi yaitu :
  • Kota – kota besar di cina semakin lama – semakin memburuk udaranya. Banyak anak – anak yang terpapar penyakin paru – paru akibat terlalu banyak menghirup udara kotor tersebut apalagi setiap harinya anak – anak harus pergi ke luar rumah untuk bersekolah dan juga untuk kalangan orang tua banyak yang mengalami sesak nafas akibat pencemaran udara tersebut nah banyak orang yang mencoba bergai macam cara agar tidak terkena paparan udara kotor pada saat di luar rumah mulai dari menggunakan masker, pengendara motor yang menggunakan helm full face dan masih banyak lagi cara mereka agar terhindar dari asap dan juga udara kotor yang ada di kota mereka tersebut. Nah peneybab dari udara kotor yang ada di kota – kota besar di cina itu kebanyakan adalah dari asap pabrik, asap rokok, asap kendaraan, pembakaran sampah, pembakaran limbah dan lainnya. Alangkah bagusnya pembakaran tersebut di kurangi agar tidak terlalu mengganggu kesehatan contohnya pada saat penggunaan motor dan mobil lebih baik mereka berjalan kaki hitung – hitung juga olah raga, untuk yang merokok di kurangi intensitasnya agar tidak mengganggu kesehatan dan juga mengurangi polusi udara yang terjadi di kota – kota besar di cina sana, untuk sampah mereka sebenarnya bisa mengubur sampah agar tidak terjadi polusi udara dengan membakar sampah membuat polusi udara dan juga dapat menyebabkan kebakaran apabila api tidak di jaga hingga padam. Itulah yang bisa mereka lakukan untuk mengatasi pencemaran udara tersebut.

  • Mentri Susi mengenggelamkan kapal – kapal asing yang melakukan pencurian ikan di Peraian Indonesia. Banyak kapal besar dan juga yang kecil di tangkap lalu di tenggelamkan karena telah melakukan kegiatan ilegal fishing nah untuk itu sering di buat operasi penangkapan untuk mereka yang berani melakukan ilegal fishing ini. Karena itulah ikan di Indonesia kembali melimpah banyak nelayan yang mendapatkan hasil yang lebih banyak dari pada yang dulu karena kapal asing yang mencuri ikan mereka. Banyak nelayan yang bahagia karena ini dan juga banyak pujian dari luar negeri kepada Mentri kelautan Indonesia tersebut.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Pengertian Paragraf Argumentasi  Lengkap dengan Jenis, Ciri dan Contohnya. Terimakasih atas kunjungannya,  Dan jika bacaan di atas telah membantu sobat jangan ragu untuk share ke media sosial atau bisa juga dengan memberikan saran juga komentar pada kolom komentar di bawah artikel. Sekian dan terima kasih.

   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top