Thursday

Pengenalan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru



Ilmu Bahsa - Saat ini profesionalisme merupakan tuntutan wajib bagi setiap guru, tidak hanya pelaksanaannya, tetapi juga harus mengembangkan profesinya, diberikan penghargaan, antara lain dengan kenaikan pangkat atau kenaikan golongan. Setiap kgiatan kenaikan pangkat atau golongan dalam ranah pengembangan profesi, diberikan nilai pada golongan IVa keatas misalnya, menuntut setidaknya 12 angka kredit, namun fakta yang ada di lapangan ternyata membuat karya tulis ilmiah ini merupakan kegiatan yang tidak mudah dilakukan oleh seorang guru. Terbukti dengan banyak pemberitaan yang kami terima bahwa banyak guru yang kesulitan untuk kenaikan pangkat jabatan golongan. 

Pengertian dan Ciri-ciri Karya Tulis Ilmiah
Para guru PNS tingkat pendidikan dasar dan menengah sulit mencapai tingkat golongan diatas IV a. Hal ini terjadi karena mereka sangat lemah dalam membuat karya tulis ilmiah, sedangkan yang menjadi dilema adalah untuk kenaikan pangkat jabatan golongan, seorang guru wajib membuat karya tulis ilmiah. Pemerintah menjadikan KTI atau karya tulis ilmiah sebagai syarat wajib kenaika pangkat. DIlema bukan???

Data Badan Kepegawaian NAsional BKN tahun 2005 memaparkan bahwa ada sekitar 1,5 juta guru yang berstatus PNS. Umumnya berada pada pangkat IIIa sampai IIId yang jumlahnya 996.826 guru. Adapun yang berada di golongan IV ada 336.601 guru, dengan rincian golongan IVa sebanyak 334.184 guru, golongan IVb ada sekitar 2.318, dan golongan IVd ada 15 Guru.

Membuat KTI merupakan upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengembangkan profesinya, disamping karya lain yang berupa TTG atau teknologi tepat guna, membuat alat peraga pendidikan, menciptakan sebuah karya, mengikuti berbagai kegiatan kurikulum dinas.Tulisan ini sengaja dikhususkan pada penulisan karya tulis ilmiah sebagai salah satu cara kami untuk mendorong profesionalitas guru sebagai lahan pengembangan pendidikan yang ada di Indonesia.

Demikian pembuka dari kami mengenai persoalan Karya Tulis Ilmiah, jika anda adalah seorang guru, sadarilah mulai saat ini bahwa semakin hari kredibilitas anda sebagai guru harus selalu ditingkatkan agar semakin profesional berdasarkan ketentuan yang diberlakukan oleh pemerintah saat ini, tidak ada salahnya kok menjadi guru yang sibuk melakukan penelitian, membuat karya ilmuah, karena pada akhirnya juga diri andalah yang akan mendapatkan hasil dan kesejahteraan.
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top