Tuesday

Metode Penelitian Kualitatif dan Jenisnya



Metode Penelitian Kualitatif dan Jenisnya - Hai sobat kali ini kita akan membahas tentang metode penelitian kualitatif untuk bahan mengolah data skripsi kualitatif. Saat kita semester akhir kita akan menyusun skripsi dan di dalam penyusunan skripsi tersebut kita akan mendapati tugas untuk melakukan penelitian dan salah satu jenis yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif itu adalah proses mencari dan mengumpulkan data yang digunakan untuk menyelesaikan masalah sosial yang didtesisasari untuk penelitian yang merangkum semua, dibentuk oleh kata – kata, dan juga di dapatkan dari situasi yang alamiah dari sumber penelitian tersebut itulah yang di sebut dengan penelitian kualitatif.


Nah untuk itu bisa di simpulkan bahwa penelitian ini merupakan kebalikan dari jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan perhituan angka dan juga logika dalam melakukan proses penelitiannya. Maka dari itu bro kalo kamu mau menuliskan skripsi untuk tugas akhir kamu harus tahu dulu jenis dari skirpsimu itu, Nantinya menggunakan metode apa? Metode penelitian kuantitatif kah atau metode penelitian kualitatif itu harus kamu ketahui agar nantinya tidak salah dalam mengerjakan skripsi dan berakhir dengan di coretnya skripsi tersebut. Memanglah harus di kaji terlebih dahulu bro menggunakan metode yang mana biar gak salah antinya. 

Oke untuk menentukan metode yang mana nantinya yang akan kalian gunakan dalam penelitian untuk skripsi nantinya adalah tergantung pada objek yang di akan di gunakan pada penelitian kalian untuk bahan membuat skripsi. Nah umumnya di skripsi yang kualitatif itu mempunyai tujuan untuk mendapatkan informasi yang sangat mendalam, Menjawab pertanyaan singkat pun bisa jadi Mendapatkan suatu hal yang tersirat atau bisa di bilang hipotesa, dan hal yang lainnya.  Jadi kalo menyusun skripsi itu bro banyak di menggunakan jenis  penelitian kualitatif dengan biografi, penelitian kualitatif dengan fenomenologi, penelitian kualitatif yang jenis Grounded theory, penelitian kualitatif dengan etnografi dan juga penelitian kualitatif dengan studi kasus.

Jenis-jenis Penelitian Kualitatif


Memang banyak jenis – jenis dari metode penelitian kualitatif ini yang bisa di gunakan untuk bahan menulis Skripsi Kualitatif, Jadi sudah di terangkan di atas tetapi halnya sebatas judul yup langsung saja di bawah ini keterangan dari jenis – jenis penelitian kualitatif tersebut :

- Penelitian metode kualitatif dengan menggunakan biografi
Yang pertama adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan biografi, Jadi penelitian ini adalah Penggunaannya yang  menggunakan informasi yang sudah ada mengenai individu yang menggunakan pengalamannya yang di tuliskan lagi namun dengan menggunakan cara pengumpukan dokument – dokument yang ada kemudian bisa juga dengan menggunakan arsip – arsip tertentu yang memuat informasi mengenai individu tersebut.

- Penelitian metode kualitatif dengan menggunakan fenomenologi
Penelitian dengan fenomenologi ini adalah sebuah penelitian dengan isinya yang berusaha untuk mengungkapkan atau memperjelas suatu arti konsep ataupun juga sebuah fenomena mengenai pengalaman yang didasari oleh kesadaran pada individu yang ada di teliti tersebut. Itulah metode penelitian kualitaif yang jenis kedua yang bisa kalian gunakan nantinya untuk membuat skripsi dengan menggunakan metode penelitian kualitatif tersebut.

- Penelitian metode kualitatif dengan menggunakan Grounded Theory
Kemudian yang ketiga ada metode penelitian kualitaif yang jenis Grounded Theory. Nah kalo menggunakan Grounded Theory kalian harus tahu artinya jadi ini adalah penelitian dengan tujuannya agar dapat menghasilkan atau mendapatkan suatu teori yang berhubungan atau ada hubungannya dengan situasi yang tertentu, yang di situ kondisinya adalah si individu menjadi aktor atau orang yang melakukan dan berhubungan pada suau peristiwa dan juga mendapatkan respond dari orang lain yang terlibat di dalam proses tersebut.

- Penelitian metode kualitatif dengan menggunakan etnografi
Kalo si etnografi ini adalah penelitian yang menggunakan penafsiran dan juga uraian pada suatu sistem di kelompok sosial atau bisa juga ke budaya suatu kelompok yang akan di teliti menggunakan jenis metode ini nantinya. Itulah metode penelitian kualitaif ke tiga dari dengan menggunakan etnografi untuk membuat skripsi yang bisa kalian gunakan. 

- Penelitian metode kualitatif dengan menggunakan studi kasus
Untuk metode penelitian yang terakhir kita jumpai si Studi Kasus, yang artinya adalah menjelajahi sebuah masalah dengan batasan tertentu atau bisa di bilang mendalam, untuk melakukan penggalian informasi atau data yang sangat rinci dan mengambil juga menyertakan dari banyak sumber – sumber data tersebut. 


Metode Pengumpulan Data untuk Penelitian Kualitatif


Jika kamu menggunakan atau menyusun skripsi kualitatif, maka ada 4 metode untuk melakukan pengumpulan data yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan data – data tersebut dari seumbernya yaitu :

1. Wawancara
Untuk cara mendapatkan data – data yang bisa kalian gunakan untuk membuat skripsi yang pertama adalah dengan wawancara, kamu bisa mendatangkan atau datang sendiri ke pada suatu sumber yang akan di tanyai untuk mendapatkan data tertentu dan  sebelum kamu melakukannnya kamu harus menyusun pertanyaan terlebih dahulu agar tidak salah nantinya. Nah kalo kamu menggunakan wawancara untuk mendapatkan data – data tersebut maka kamu harus melakukan pembicaraan dan juga di record entah itu dari media audio visual atau audio saja, Dan dalam cara ini tidak boleh hanya menggunakan media visual saja karena ada adegan tanya jawab yang harus informasi atau data secara audio.

2. Obeservasi
Cara mendapatkan data dengan cara observasi adalah dengan melakukan pengamatan kepada sumber, objek, pelaku, tempat, peristiwa atau kejadian, kegiatan dan juga waktu yang bisa kalian dapatkan informasi dari situ Nah untuk itu kalian harus mencatat segala perbedaan fisik, tingkah, dan juga segala perubahan atau bisa juga balasan dari objek yang kalian gali informasinya. Itulah cara kedua yang bisa kalian gunakan untuk mendapatkan data – data untuk membuat skripsi jenis ini.

3. Dokumen
Nah untuk mengumpulkan data dari dokumen kalian harus mendapatkan dan menggunakan media berupda cindera mata, laporan, foto dan lainnya yang bisa di gunakan atau bisa di bilang sebagai arsip dokument yang akan di gunakan menjadi bahan membuat skripsi dengan metode penelitian kualitatif nantinya.

4. Focus Group Discussion
Nah metode pengumpulan data yang terakhir ini adalah Focus Group Discussion yang berarti adalah tehnik untuk mengumpulkan data yang sering atau bisa di bilang hal yang sangat umum di gunakan untuk membuat skripsi yang di buat dengan menggunakan metode penelitian kualitatif ini. Nah tujuannya adalah untuk mendapatkan makna dari sbuah judul atau tema berdasarkan pengetahuan dari sebuah sumber yang di gunakan seperti kelompok.

Nah itulah sekiranya mengenai : Metode Penelitian Kualitatif dan Jenisnya. Thanks bro atas kunjungannya,  Dan jika bacaan di atas telah membantu sobat jangan ragu untuk share ke media sosial atau bisa juga dengan memberikan saran juga komentar pada kolom komentar di bawah artikel. Sekian dari artikel ini dan terima kasih atas waktunya.

   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top