Thursday

Inilah Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Contohnya



Inilah Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Contohnya - Hai sobat kali ini kita akan membahas tentang : Cara menulis surat lamaran kerja, Jadi guys menulis lamaran kerja memanglah hal yang harus kalian lakukan jika tidak ada yang mengundang kalian kerja (seperti orang yang sangat berbakat), lamaran kerja yang nantinya akan di periksa oleh suatu perusahaan dengan begitu kalian akan bisa di terima atau tidak agar lebih jelas nantinya.

Nah untuk lamaran kerja banyak sekali aspek yang harus kalian perhitungkan agar surat lamaran kerja milik kalian tersebut bisa di terima dengan baik dan juga pastinya kalian nantinya akan di terima kerja di sana dengan baik juga ya bro. Jadi berikut ini adalah cara untuk lamaran kerja dengan baik agar bisa di terima kerja oleh sebuah perusahaan yang ternama : 

1. Penulisan Nama dan Gelar pada surat lamaran kerja

Nah yang pertama kali harus kita perhatikan dalam menulis sebuah surat untuk lamaran kerja kita harus memperhatikan Nama dan juga gelar kita tidak ada yang salah sehingga tidak ada kekeliruan saat perusahaan tersebut memeriksanya nanti. Ada pun yang salah atau kurang bagus dalam penulisan nama dan gelar ini biasanya orang menulis nama tanpa gelar, nama dengan huruf kecil, nama singkat dan lainnya yang mengakibatkan surat untuk lamaran kerja tersebut salah.

Untuk memeprbaiki kesalahan nama dan gelar dalam menulis sebuah surat untuk lamaran kerja tersebut kita bisa menulisnya dengan : Lengkap, gelar di bold atau bercetak tebal, gunakan juga (.) untuk bagian pemisah. Maka dengan begitu orang perusahaan yang menerimanya nanti tidak keliru dengan surat lamaran kerja yang anda buat.

2. Menuliskan alamat dan kontak pada surat lamaran kerja

Setelah penulisan nama dan gelar yang paling penting juga adalah alamat karena tanpa alamat dan kontak kita tidak bisa di hubungi jika si perusahaan nantinya menerima kita untuk bekerja di sana. Nah untuk menulis alamat dan juga kontak ini kita bisa membuatnya dengan singkat hanya pada JLN atau Jalan dan jenis kontak seperti no hp atau nomor handphone dan jangan singkat pada isi dari alamat atau kontak nanti bisa ada yang kurang dan bisa menyebabkan lamaran yang di tolak oleh perusahaan.

3. Memilih tulisan dengan tangan atau Komputer


Selain faktor yang tadi memilih jenis tulisan juga bisa menentukan kita akan di terima kerja di tempat tersebut atau tidak nantinya. Nah kenapa begitu ? Oke saya jelaskan jadi kalau tulisan tangan kalian bagus peluang untuk di terima kerja makin tinggih karena itu akan menjadi nilai plus bagi kalian dan juga bisa membuktikan bahwa kalian rapih untuk mengerjakan pekerjaan tersebut nantinya. Tetapi jika tulisan kalian kurang bagus saya menganjurkan untuk mengetiknya saja dan di print agar tidak mengganggu nantinya saat di baca oleh pihak perusahaan.

Biasanya ada saja orang yang membuat surat lamaran kerja tetapi bukan tulisan tangannya melainkan tulisan tangan orang lain nah hal tersebut sering juga membuat gagal di terima karena perusahaan merasa ditipu karena beda yang di tulisan surat lamaran dengan yang kalian tulisa pada saat review nantinya. Terngantung juga untuk penulisan ini tetapi yang paling banyak menggunakan tulisan tangan dengan tinta hitam.

4. Tatak ramah pada penulisan di surat lamaran kerja


Jaga tatak ramah untuk menggunakan Bahasa ramah dan baik pada saat menulis. Ingat surat yang kalian tulis tersebut bukan untuk teman atau saudara jadi alangkah bagusnya untuk tidak menggunakan bahasa gaul dan sejenisnya yang bisa berakibat fatal seperti tidak di terima kerja oleh perusahaan tersebut nantinya.

5. Penggunaan (,) dan (.) harus kalian gunakan dengan benar


Ada juga kesalahan yang sering dilakukan oleh oran awam mengenai cara menulis surat untuk lamaran kerja ini contohnya pada pemberian titk dan koma yang salah. Memang nampaknya sepele tetapi bisa berbuah petaka jika itu untuk sesuatu yang bersangkutan dengan pekerjaan ATAU bahkan sering di temukan kalau yang menulis lamaran kerja tidak menempatkan spasi yang benar juga. Nah cara yang bagus untuk menempatkan spasi dan tanda baca lainnya adalah di akhir dari sebuah kata dan untuk spasi jangan sampai lupa peletakannya.

6. Menyusun template untuk Surat lamaran kerja


Dalam menulis sebuah surat untuk lamaran kerja kita harus mengatur susunan dari surat lamaran kerja kita. Nah sering di sebut juga untuk urusan susun – menyusun ini adalah sebuah template yang di gunakan banyak orang sebagai kerangka yang sesuai untuk sebuah lamaran kerja jadi berikut ini adalah susunan untuk sebuah surat lamaran kerja yang baik. Contohnya di bawah ini :
cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar
Klik pada gambar contoh lamaran kerja untuk memperbesar
Untuk download contoh surat lamaran pekerjaan silahkan menuju artikel Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik dan Benar 2017
  • Pada sebelah kanan atas kita menulis Kota dan tanggal
  • Surat lamaran kerja di tujukan pada siapa, contoh di atas lamaran untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil. Maka surat di tujukan kepada walikota jangan lupa letak Yth (yang terhormat).
  • Kemudian perihal atau seurat tentang : tulis Lamaran kerja
  • Di bawahnya ada : Yang bertanda tangan di bawah ini :
  • Di lanjutkan dengan keterangan kalian seperti yang ada pada gambar ada penulisan : Nama, Tempat / Tanggal lahir, jenis kelamin, agama, pendidikan atau jurusan, kode pendidikan terserah dari kalian masukkan jika ada dan kosongkan jika tidak ada, jabatan yang akan di lamar nantinya di perusahaan atau tempat kalian melamar pekerjaan, setlah itu masukkan kode jabatan bila perlu, alamat sekarang pilih tepat tinggal yang paling sering kalian tinggali jika kalian kost maka masukkan tempat kost dan kontak nomor hp yang bisa di hubungi jangan gunakan nomor lama atau yang tidak kalian gunakan lagi. Dan juga untuk nomor hp jangan berikan hp kalian pada anak kecil (saudara) agar nantinya tidak terjadi kesalahan pada saat kalain di panggil kerja oleh pihak dari perusahaan.
  • Kemudian masukkan isi atau apa yang ingin kalian katakan di dalam surat lamaran kerja tersebut.
  • Masukkan bahan lampiran juga contohnya : pas foto, foto copy, ijazah dan lainnya juga yang di minta untuk kalian sampaikan pada perusahaan atau tempat kalian nantinya melamar kerja.
  • Penutup juga jangan lupa.
  • Tulis nama, tanda materai dan juga tanda tangan kalian.

Dan yang terakhir adalah dengan memberikan surat lamaran kerja ke perusahaan dengan senyuman terbaik mu. Agar kamu nantinya di terima kerja oleh perusahaan tersebut dengan baik dan benar. 

Nah itulah sekiranya mengenai : Cara menulis surat lamaran kerja . Thanks bro atas kunjungannya,  Dan Jika Bacaan di atas telah membantu sobat jangan ragu untuk share ke media sosial atau bisa juga dengan memberikan saran juga komentar pada kolom komentar di bawah artikel. Sekian dan terima kasih.
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top