Friday

Standup Comedy - Teknik dalam Standup Comedy



Ilmu bahasa - Selamat datang kawan-kawan imbas. Bertemu lagi dengan kami  di halaman ini. Pada kesempatan yang baik ini, kami akan sedikit mengulas mengenai bagaimana sebuah bahasa untuk entertainment. Kawan-kawan semua sudah tahu bukan mengenai Stand Up Comedy. Tahun 2012 Indonesia digemparkan dengan maraknya acara di televisi yang mempertontonkan seseorang berbicara sendirian di di atas panggung dengan membawa gelak tawa penonton yang hadir. Yaaa.... Standup Comedy adalah seni pertunjukkan dalam berkomunikasi bahasa dengan cara berbahasa atau mengulas keseharian yang dianggap lucu dan menarik minat tawa penonton yang mendengarnya. Standup Comedy mulai dikenal masyarakat oleh media televisi agar penonton mendapatkan suguhan baru mengenai Standup Comedy Indonesia. Di dunia Standup Comedy sudah lama ada dan berkembang. Kami tidak akan membahas sejarah mengenai Standup Comedy Indonesia atau Standup Comedy academy atau Standup Comedy Indosiar, namun pada kesempatan yang baik ini kami akan membahas mengenai teknik dalam Stand Up Comedy.

Teknik dalam Standup Comedy

Stand Up Comedy adalah seni pertunjukkan yang memainkan linguistik bahasa agar mendapatkan respon tertawa dari penonton yang mendengarnya. Standup Comedy di Indonesia kini mulai marak diperbincangkan banyak kalangan Komedian kelas kakap di Indonesia, lihat saja Om Indro Warkop. Beliau benar-benar sangat mengapresiasi bagaimana kreatifitas anak-anak muda yang antusias untuk menaikkan kualitas komedi yang ada di Indonesia dengan melakukan Stand Up Comedy Indonesia. Beliau juga menjadi salah satu kreator penggagas banyak perlombaan Stand Up Comedy yang ada di Indonesia, hingga melahirkan banyak comic (istilah untuk Stand Up Comedy Player) yang unggulan dan cerdas dalam membawakan sebuah fenomena peristiwa sehari-hari yang dikemas dengan linguistik atau bahasa yang baik serta membawa penonton dan pendengarnya tertawa terbahak bahak. Bayak acara yang sudah digagas oleh Om Indro ini. Antara lain, Stand Up Comedy di Kompas TV bersama Raditya Dika, Stand Up Comedy Indonesia, Stand Up Comedy Indosiar, Stand Up Comedy Academy, dan masih banyak off air off air yang telah digagas oleh beliau. 

Standup Comedy - Teknik dalam Standup Comedy

Namun, Sebenarnya bagaimana sih teknik dalam stand up comedy, mengapa tampak begitu mudah dan sederhana. Jangan salah, Para player Stand Up Comedy atau comic, mereka dalam membuat sebuah naskah Stand Up Comedy benar-benar merancang sedemikian rupa, baik bahasa yang digunakan, logat, gesture, ciri khas suara, atau model self comedy atau mengejek diri sendiri, itu merupakan permainan bahasa yang tidak gampang untuk dipelajari secara instant dan cepat. Menciptakan lagu itu harus hati-hati, kalau tidak bisa menciptakan keributan besar. Begitu juga menciptakan naskah Stand Up Comedy. Rudy Cahyo mengatakan bahwa kecerdasan humor ternyata lebih dari sekedar kecerdasan dalam lelucon. Bukan hanya kepandaian mengocok perut penonton. Kecerdasan humor adalah kecerdasan yang kompleks melibatkan berbagai macam hal, seperti kepandaian, olah rasa, olah kata atau bahasa, khasanah ilmu, dan cara pembawaan.

Ada 2 ciri orang jenius. Pertama, totalitas dalam bekerja. Kedua, mampu melihat pola yang tidak beraturan itu ada disekitarnya dengan kreatif. Berkenaan dengan materi yang dibawakan, kita bisa melihat bagaimana seseorang dalam melakukan Stand Up Comedy.

Tips dalam Stand Up Comedy

a. Pilih satu ide yang lain daripada yang lain yang tidak biasa dari fenomena yang familiar.

Sebuah kejadian mungkin sederhana, tapi menarik buat kita. Yang penting kita sudah memiliki modal ketertarikan kita pada kejadian tersebut untuk kita jadikan sebagai bahan Stand Up Comedy.

b. Tonjolkan bagian yang menurut anda menarik dari ide sehari-hari untuk dijadikan sebagai bahan Stand Up Comedy

Meski materi yang diangkat berasal dari fenomena biasa, tetap cari bagian menariknya untuk ditonjolkan. Cobalah untuk membuat sebuah skenario unik yang sederhana dengan pembawaan yang unik pula. 

c. Bedayakan ekspresi secara maksimal

Ini menjadi poin penting dalam Stand Up Comedy, mengingat ekspresi mampu mengubah penonton yang pendiam pun dapat pecah dengan sepecah-pecahnya. Anda dapat bertingkah konyol di atas panggung, namun tetap usahakan jangan lepas kendali. Karena dikhawatirkan akan mengganggu fokus materi yang akan anda bawakan. 

d. Fokuskan diri dan pandangan anda pada Penonton

Hal ini dianggap penting bagi seorang comic Stand Up Comedy, karena agar terdapat interaksi yang baik antara penonton dengan comic Stand Up Comedy. Jangan anda autis atau bermain sendiri tanpa mempedulikan penonton yang melihat anda.

e. Bedakan Ekspresi biasa pada bahasa biasa dengan ekspresi kejutan pada hal yang anda tonjolkan

Proses ini tentunya membutuhkan kelinci percobaan untuk menilai seberapa ekspresif anda dalam melakukan ekspresi2 membawakan materi Stand Up Comedy anda. Jangan anda terlalu berlebihan pada materi yang biasa, atau terlalu biasa pada materi atau poin yang sebetulnya bisa anda angkat pecah pada penonton anda. 

Mungkin kira-kira tips seperti itu yang merupakan teknik dasar dalam Stand Up Comedy. Ingatlah, bahwa yang kami tulis disini adalah teori semata. Semuanya kembali pada anda sebagai comic Stand Up Comedy dalam membuat sebuah pementasan Stand Up Comedy. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih. Salam.
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top