Monday

Gejala Penyakit Jantung dan Stroke, Kenali & Atasi

Info Kesehatan - Stroke dan penyakit jantung dikenal sebagian orang lanjut usia, gemuk, malas berolahraga, dan suka makan enak. Tapi siapa yang tidak kaget mendengar kabar bahwa almarhum Adjie Massaid meninggal dunia akibat serangan jantung?, padahal, figur mantan aktor tampan tersebut cukup atletis dan gemar berolahraga setiap harinya. Ada juga atlet sepak bola yang dikabarkan meninggal di tengah-tengah pertandingan. Hal ini membuat kita ketar ketir. Sepertinya penyakit jantung dan stroke mulai merambah kepada mereka-mereka pada usia-usia muda.

Gejala Penyakit JAntung


ternyata hal ini diamini oleh sejumlah penelitian di beberapa negara. Di Amerika, disebutkan bahwa 15% stroke menyerang anak-anak dan dewasa., seiring makin banyak populasi usia 15-44 tahun yang meningkat risiko strokenya. Sedangkan serangan jantung, 18% dialami oleh orang berusia dibawah 65 tahun, dengan 10% terjadi pada usia di bawah 45 tahun, terlebih penyakit ini melanda kaum-kaum adam. 

Pengertian Penyakit Jantung dan Gejala Penyakit Jantung

Bagi anda sekalian yang belum paham soal penyakit jantung, mari kita simak bersama-sama. Penyakit jantung terjadi akibat sumbatan pembuluh koroner yang memberi suplai darah ke jantung. Gejala lainnya bisa karena terjadi pembekuan darah yang mengakibatkan penyumbatan darah yang masuk kedalam jantung. Trauma dada dan penyalahgunaan obat-obatan dosis tinggi juga menjadi pemicu gejala penyakit jantung. 

Ciri-ciri Penyakit Jantung

Secara medis, faktor resiko penyebab penyakit jantung pada usia muda dan lansia sebenarnya sama saja. Mulai dari riwayat keluarga dengan penyakit jantung, hipertensi, obesitas sentral, diabetes, kurang olahraga, merokok, memiliki kadar kolesterol C-reaktive protein yang tinggi, pola pergerakan tubuh yang salah, maksudnya, jantung itu memiliki waktu kapan dimana dia harus mengurangi aktivitas, yakni pada jam 9 malam. Kami menganalisa apabila ada kematian karena berolahraga dimalam hari ataupun aktivitas yang melelahkan dibandingkan waktu jantung beroperasi pada pagi hari, bisa jadi diakibatkan karena penyakit jantung. Faktor yang diduga mengapa banyak penyakit jantung dan stroke yang menyerang kaum muda adalah merokok dan obesitas. Hal ini benar adanya mengingat penyebab penyakit stroke dan penyebab penyakit jantung, dua-duanya bak siklus yang saling berkesinambungan.

Merokok menyebabkan penyakit jantung

Obesitas sepertinya sudah mengalami epidemi, terutama di negara negara barat. Meski di Indonesia jumlah pastinya masih belum diketahui dengan pasti. tapi dalam satukomunitas pasti anda akan menemukan anggota yang mengalami obesitas atau berat badan yang berlebihan. Selain itu, perokok jaman sekarang juga merasuk pada kalangan muda-muda, dengan demikian rentan waktu merokok pun panjang. Mengapa merokok dan obesitas menjadi pemicu penyakit jantung?, karena keduanya mempercepat kerusakan pembuluh darah sehingga memunculkan penyakit hipertensi. 

Obesitas Picu Jantung


Ironisnya, banyak anak muda yang kurang menyadari hal ini. Banyak anak muda yang lebih mementungkan eksistensi sosial dibandingkan kesehatan dirinya sendiri. Anak muda sekarang lebih mementingkan gaya hidup tanpa memikirkan dampak buruk yang akan dialami dari sisi medis. Mereka mungkin merasa yakin bahwa hidupnya masih panjang, sehingga dengan santainya menikmati racun-racun yang perlahan-lahan menggerogotinya. Bahkan banyak anak muda yang tidak dapat menyebutkan fciri penyakit jantung, pengertian penyakit jantung, dan penanggulangannya.

Cara Mengatasi Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit yang berbahaya dan sudah banyak yang meninggal karenanya. Bagi kita tentunya perlu kesadaran tinggi menanggapi persoalan yang benar-benar memilukan ini. Sebagai generasi muda sekaligus penerus bangsa, hendaklah menyikapi sebuah masalah diri sendiri dalam hal ini penyakit dengan penanggulangan yang tepat, efisien dan efektif.berikut ini adalah cara mengatasi atau menanggulangi penyakit jantung dan stroke sebelum dia mendatangi anda.

1. Rajinlah berolahraga

Contoh Olahraga

Hal ini mungkin dianggap sepele bagi teman-teman kaum muda yang malas. Namun jika anda tahu manfaat olahraga adalah meregenasi jantung dan organ-organ vital lainnya untuk bergerak dengan irama cepat. Apabila anda melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat dan sentakan nafas yang terenga-enga, selamaat, karena itulah olahraga yang baik. Jantung memompa udara dengan sempurna, darah-darah yang mengalir lambat pun menjadi deras dan tubuh menjadi bugar dan sehat

2. Hindari Rokok

Ini sangat penting. Bukan berarti kami melarang anda, tapi pikirkanlah manfaat dan negatifnya dari merokok. terlebih apabila anda memiliki rekaman penyakit jantung di keluarga anda, segeralah berhenti dan hindari, karena merokok hanya akan mempercepat waktu anda menikmati penyakit jantung dan stroke. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, Jagalah diri anda sebaik anda menjaga kesehatan anda dari penyakit, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Salam kami Ilmubahasa

   

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top