Wednesday

BPJS | Langkah Mudah Daftar BPJS Online

Apa itu BPJS Kesehatan? 

Kepanjangan dari BPJS adalah Badan Penyelenggara Jaminan SosialBPJS merupakan sebuah lembaga kesehatan yang dibangun oleh pemerintah Indonesia dalam rangka untuk mengurusi persoalan mengenai asuransi kesehatan berbasis nasional. BPJS berdiri pada tanggal 1 Januari 2014 menggantikan ASKES (Asuransi Kesehatan). Lembaga pemerintah ini dibentuk dan dibangun untuk melaksanakan program pemerintah dibidang kesehatan. Pemerintah mewajibkan seluruh masyarakat Indonesia menjadi anggota BPJS. Aturan ini ada dan disahkan pemerintah untuk melaksanakan program kesehatan berbasis modern. BPJS memberikan kesempatan bagi anda yang belum menjadi anggota BPJS untuk segera mendaftarkan diri sebagai anggota BPJS paling lambat 1 Januari 2019. Oleh karenanya, bagi anda yang belum menjadi anggota BPJS segera darftarkan diri anda pada lembaga ini.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

BPJS memiliki program umum yang ditujukan kepada masyarakat penggunanya, yakni BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Program ini mulai dilakukan untuk memberikan kemudahan pilihan bagi personal maupun perusahaan dalam menjaring masyarakat indonesia ikut serta dalam lembaga ini.  Berawal 1 Januari 2014, sistem jaminan sosial yang terbaru atau JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) resmi dilaksanakan oleh pemerintah, dan namanya pun diubah menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan adalah perubahan nama dari sebelumnya yakni JAMSOSTEK (Jaminan Sosial Tenaga Kerja).


UU BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Undang-Undang No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional

Upload Date : 18 Dec 2013
Undang-Undang No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional

Undang-Undang No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Upload Date : 20 Oct 2011
Merupakan tindaklanjut dari Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional


Perbedaan BPJS dan JKN

Setelah resmi dicanangkan pada awal 2014, JKN mempergunakan sistem asuransi bertaraf nasional, jadi seluruh warga Indonesia kemudian wajib menyisihkan sebagian kecil pendapatannya digunakan untuk keperluan kesehatan di masa yang akan datang. Bagi mereka masyarakat yang kurang mamu untuk memenuhi tanggung jawab membayar iuran pada BPJS akan ditanggung oleh pemerintah sebagai Penerima Bantuan Iuran.

Jaminan Kesehatan Nasional

BPJS dan JKN tentunya memiliki perbedaan, JKN merupakan sebuah program dari pemerintah, sementara BPJS merupakan sebuah lembaga yang dibangun oleh pemerintah dan diberikan tanggung jawab oleh pemerintah untuk mengurusi persoalan kesehatan di Indonesia. BPJS merupakan lembaga resmi pemerintah yang setiap kinerja dan proses pelembagaannya diawasi langsung oleh Dewan Jaminan Sosial Nasional.

Apa Semua rumah sakit dapat menerima BPJS?

Apabila anda sudah menjadi bagian dari anggota BPJS dan sudah melaksanakan tanggung jawab anda dengan membayar premi yang dibebankan kepada anda, kemudian dari pihak BPJS akan memberikan kartu BPJS yang menjadi bukti dan identitas anda sebagai anggota BPJS.

Rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang bernaung dalam kementrian kesehatan atau milik pemerintah otomatis dapat menerima BPJS, sementara rumah sakit swasta atau fasilitas kesehatan milik swasta masih belum banyak yang bisa menerima BPJS, namun sampai saat ini pemerintah melakukan usaha-usaha agar kedepannya BPJS mampu digunakan disemua rumah sakit, baik negeri atau miliki pemerintah ataupun swasta, yang tentunya memiliki kapasitas dan memenuhi syarat untuk menerima BPJS. Untuk lebih jelasnya, silahkan amati tabel berikut ini.


BPJS
ASURANSI SWASTA
PREMI
MURAH
MAHAL
PROSES
RUMIT
MUDAH
RUMAH SAKIT
RUMAH SAKIT TERTENTU
SEMUA RUMAH SAKIT


Ruang Perawatan
Iuran Per Orang
Kelas I
Rp 55.500
Kelas II
Rp 42.500
Kelas III
Rp 25.50

Apakah BPJS Kesehatan memiliki perbedaan layanan dengan asuransi swasta?

Info Kesehatan -BPJS yang menjadi lembaga penjamin kesehatan masyarakat, BPJS Kesehatan memiliki standar operasional kesehatan yang baik dengan biaya relatif murah. Sayangnya, BPJS tidak memiliki kekuatan untuk memperluas jaminannya seperti yang dilakukan oleh asuransi-asuransi swasta, seperti perubahan kelas perawatan, karena kelas maksimal yang dijamin oleh BPJS adalah kelas 1. Sehingga apabila pengguna BPJS menginginkan untuk kelas VIP atau VVIP, selisih biaya yang dibebankan kelas VVIP atau VIP dikurangi jaminan biaya kelas 1 atau pengguna BPJS diperbolehkan menggunakan layanan asuransi swasta. Hal ini diperbolehkan mengingat keperluan masyarakat pada tingkat ekonomi tertentu juga menggunakan jasa asuransi swasta sebagai tambahan agar dapat mengatasi masalah yang tidak mampu lembaga BPJS lakukan pada pengguna BPJS.

Dasar mengapa BPJS seperti itu, agar lembaga-lembaga asuransi swasta di Indonesia juga dapat memiliki peran dalam proses asuransi kesehatan masyarakat Indonesia. Sehingga, penjaminan kualitas mutu kesehatan sedikit demi sedikit memiliki kualitas yang baik dan mampu mendukung satu sama lain, baik pemerintah ataupun swasta.

Apa Bedanya BPJS dengan Asuransi Swasta?

Pertanyaan ini banyak dikaji di media cetak atau website-website kesehatan. BPJS dan asuransi swasta memiliki perbedaan dibidang pelayanan publik dan penjaminan publik penggunanya. BPJS merupakan sebuah lembaga bagian dari pemerintah Indonesia yang memiliki penerapan sistem administrasi dan kejenjangan, maksudnya pasien diharuskan terlebih dahulu dilayani dan dibantu untuk mendapatkan rujukan daru fasilitas kesehatan level pertama, seperti puskesmas, sebelum anda dirujuk kepada rumah sakit daerah atau pusat berdasarkan kota penerbitan kartu BPJS anda. Namun hal ini tidak berlaku jika anda dalam kondisi darurat.

Sementara asuransi swasta tidak memberlakukan aturan seperti di atas. Anda dapat langsung masuk dan memperoleh pelayanan kesehatan di rumah sakit yang menjadi rekanan asuransi swasta anda dengan berbagai kemudahan dan aturan tanpa perlu melakukan banyak proses administrasi terkait asuransi anda  antara rumah sakit rekanan dan asuransi swasta anda.

Bagaimana proses klaim BPJS? 

Cara proses klaim BPJS ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan memang membutuhkan proses. Anggota BPJS diwajibkan terlebih dahulu meminta rujukan kesehatan pada level pertama, seperti dokter, klinik dll sebelum anda datang untuk berobat ke rumah sakit daerah di wilayah anda. Apabila memerlukan untuk pengobatan harus di rumah sakit pusat, maka dari rumah sakit daerah akan direkomendasikan untuk rumah sakit pusat mana di daerah anda. Namun, bagaimana pun juga aturan tersebut mampu anda lakukan, karena kesehatan tidaklah murah harga dan perjuangan untuk sembuhnya bukan bagi anda.

Bagaimana cara daftar BPJS?


iuran bpjs ketenagakerjaan | daftar bpjs ketenagakerjaan

Apabila anda belum memiliki kartu BPJS, maka kami rekomendasikan untuk anda agar segera mengurus pendaftaran BPJS, disamping mudah, daftar untuk menjadi anggota BPJS tidak perlu checkup kesehatan medis. Berbeda dengan asuransi swasta yang terkadang harus mengetahui sejarah penyakit yang pernah anda alami melalui check up medis. Pendaftaran pun dapat anda lakukan secara online di website BPJS. Untuk pembayaran iurannya dapat anda lakukan di bank-bank yang sudah ditunjuk BPJS.

Demikian Ulasan kami mengenai BPJS, sebuah lembaga kesehatan pemerintah yang bertujuan meningkatkan mutu kesehatan masyarakat Indonesia. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Salam kami. Ilmu bahasa

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top