Wednesday

Metode Penelitian - Dasar Awal Penelitian



Ilmubahasa.net - Halo sahabat imbas semuanya. Pada kesempatan yang baik ini, kami akan mengulas mengenai Metode Penelitian Kualitatif dan menyinggung sedikit mengenai Metode Penelitian Kuantitatif sebagai gambaran umum awal saja pada artikel ini. Tema ini akan menjadi topik pembahasan kami untuk beberapa pertemuan di depan nanti, karena kami melihat beberapa dari sahabat imbas mengirimkan email kepada kami untuk mengulas mengenai Metode Penelitian Kualitatif dan Metode Penelitian Kuantitatif untuk di share kan kepada sahabat imbas sekalian. 


Metode Penelitian - Dasar Awal Penelitian


Pengertian Metode Penelitian

Metode Penelitian secara sederhananya merupakan sebuah alat yang berisi aturan, runtutan, uraian, dan cara dalam melakukan penelitian. Metode pada dasarnya digunakan oleh mereka yang berkecimpung di dunia penelitian sebagai cara, baik pra penelitian yang digunakan sebagai dasar pondasi penelitian tersebut, proses penelitian sebagai sebuah implikasi dari metode tersebut, ataupun pasca penelitian sebagai hasil dari metode tersebut. Metode dalam sebuah penelitian tentunya berkesinambungan terhadap bagaimana sebuah penelitian itu dilaksanakan. Metode penelitian bertujuan untuk memetakan sebuah penelitian berdasarkan aturan dan kaidah dalam melakukan penelitian. Maksudnya disini adalah Metode bertujuan memberikan sebuah acuan yang dapat digunakan sebagai alat penelitian. 

Konsep yang dibawa dalam metode penelitian mengacu pada bagaimana sebuah penelitian itu dilakukan. Objek dan Subjek Penelitian menjadi salah satu pilihan untuk menentukan contoh metode penelitian apa yang akan digunakan nanti pada saat menginjak perencanaan sebuah penelitian. Sahabat Imbas tentunya apabila dalam melakukan sebuah penelitian, sudah tentu wajib mengkaitkan metode dalam kajiannya. Untuk apa?, karena metode dianggap sangat penting dan menjadi sebuah dasar penelitian. Sebuah Penelitian dianggap baik, berkompeten, dan berdasar, apabila antara subjek, objek dengan metode berkaitan. Lantas, bagaimana cara awal untuk mengetahui contoh metode penelitian yang cocok untuk sebuah penelitian?.

Pertanyaan tersebut seringkali muncul dibenak sahabat-sahabat kami, khususnya mahasiswa-mahasiswa yang baru mengenal pengertian metode penelitian, dan sudah dihadapkan pada kasus penyusunan karya ilmiah, atau laporan perkuliahan, yang mau tidak mau harus menyelesaikannya tanpa harus memahami seperti apa sih metode penelitian itu. Begini sahabat imbas, dalam dunia penelitian, karya ilmiah dan lain sebagainya, Metode penelitian pada umumnya terbagi menjadi dua, didasarkan pada sudut pandang penelitian yang dilakukan, yaitu metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif. 

Macam-macam Metode Penelitian

Macam-macam metode penelitian tentunya menjadi sebuah acuan bagi kita sebagai peneliti dalam melakukan sebuah penelitian. kita harus benar-benar memahami apa saja macam-macam metode penelitian 

Secara garis besar, metode penelitian dibagi menjadi dua, metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif. Pada keterangan kami sebelumnya sudah kami tulis bahwa metode didasarkan pada subjek dan objek bukan?, nah kemudian disini, metode dibagi menjadi dua, yaitu metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif. Apabila penelitian ini mengusung perhitungan, rumus, dan berkaitan dengan bilangan, maka metode yang pas adalah metode penelitian kuantitatif, namun apabila penelitian tersebut diuraikan dengan deskripsi, yang cocok adalah menggunakan metode penelitian kualittatif.

Kedua metode penelitian di atas menjadi dasar awal penelitian. Keduanya bagai dua mata uang yang berbeda. Prinsip keduanya pun berbeda, konsep yang dibawakan keduanya pun berbeda. Jika sahabat imbas sekalian ingin melakukan peneitian yang bersifat numeral, hitungan, rumus, olah data, maka sangat kami sarankan untuk menggunakan metode kuantitatif, namun jika sahabat imbas meneliti fenomena interaksi sosial, makna sebuah kebudayaan, ciri suatu fenomena, isi sebuah berita, kumpulan cerpen, atau kumpulan novel, sudah jelas kami menyarankan untuk menggunakan metode penelitian kualitatif. 

Demikian, paparan awal kami pada pertemuan kali ini, anda bisa menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan artikel ini melalui kotak komentar kami di bawah ini. Artikel ini kami kira sudah menjawab beberapa permintaan dari sahabat imbas di mojokerto dan jakarta, semoga bermanfaat dan menjadi motivasi bagi anda sekalian. Sebagai gambaran awal lagi silahkan sahabat imbas membaca pengertian karangan ilmiah terlebih dahulu.Kedepannya, kami akan mengulas mengenai konsep dasar penelitian kualitatif. Salam kami Ilmu Bahasa
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top