Tuesday

Pengertian dan Ciri-Ciri Cerpen



Pengertian dan Ciri-Ciri Cerpen - Apakah yang anda ketahui tentang cerpen? Apakah anda juga tahu ciri-ciri dari cerita pendek? Dalam artikel ini kami akan membahasnya secara tuntas apa yang dimaksud dengan cerita pendek, beberapa cirinya dan contohnya.

Cerita Pendek

Menurut wikipedia, cerpen termasuk dalam prosa naratif fiktif. Jika dilihat dari segi isi, cerita pendek cenderung lebih padat dan langsung mengarah pada pokok bahasannya. Sehingga situasi yang digambarkan dalam cerpen sangat singkat dan langsung pada pokok permasalahnnya. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Cerpen ialah berasal dari dua kata yaitu cerita yang artinya tuturan tentang bagaimana terjadinya sesuatu hal dan pendek berarti kisah yang diceritakan pendek (tidak lebih dari 10.000 kata) yang memberikan kesan dominan dan memusatkan hanya pada satu tokoh saja dalam ceritanya. Menurutnya tidak ada cerpen yang panjangnya sampai 100 halaman.

Cerpen Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian cerpen menurut para ahli.
  1. Sumardjo & Saini
    Cerpen merupakan cerita fiktif atau tidak benar-benar terjadi akan tetapi bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun yang mana ceritanya relatif pendek.
  2. Nugroho Notosusanto dalam Tarigan
    Cerpen yaitu cerita yang panjang ceritanya berkisar 5000 kata atau perkiraan 17 halaman kuarto spasi rangkap dan terpusat pada dirinya sendiri.
  3. Hendy
    Cerpen ialah suatu kisah pendek yang mengandung kisahan tungal.
  4. Aoh. K.H
    Cerpen yaitu salah satu karangan fiksi atau rekaan yang biasa disebut dengan kisahan prosa pendek.
  5. J.S. Badudu
    Cerpen merupakan cerita yang menjurus dan terfokus pada satu peristiwa.
  6. H. B. Jassin
    Mengatakan bahwa cerpen ialah sebuah cerita singkat yang harus memiliki bagian terpenting yakni perkenalan, pertikaian dan penyelesaian.

Pengertian Cerpen

Dari beberapa pendapat diatas maka kita telah mengetahui apa itu cerita pendek, yaitu cerita fiktif yang mempunyai jumlah kata berkisar 5000-10000 kata dan ceritanya fokus pada satu peristiwa dengan beberapa bagian yaitu perkenalan, pertikaian/klimaks dan penyelesaian. Cerpen memiliki beberapa jenis; diantaranya cerpen romantis, cerpen persahabatan, cerpen sedih, cerpen cinta dan cerpen remaja.

Ciri-ciri Cerita Pendek

  1. Memiliki  cerita singkat dan padat
  2. Jumlah kata antara 5000-10000 kata
  3. Isi ceritanya seputar kehidupan sehari-hari atau pengalaman pribadi
  4. Fokus pada sebuah peristiwa
  5. Tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita tidak dijelaskan secara rinci/detail
  6. Menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti
  7. Karena fokus pada satu peristiwa maka ceritanya sangat mendalam
  8. Alur cerita hanya tunggal atau lurus

Contoh Cerpen

  1. Rumah Kayu
  2. Ingin Kelinci
  3. 300 Tael Perak
  4. Tikus di Warung Soto
  5. Taruhan 

Sekian pembahasan kami tentang pengertian dan ciri-ciri cerpen, semoga dengan artikel singkat ini, dapat membantu anda memahi secara mendalam seputar cerita pendek. Semoga bermanfaat dan kunjungi terus web untuk menambah wawasan anda tentang ilmu bahasa. Salam...
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top