Wednesday

Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur dan Contoh Paragraf Eksposisi



Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi - Pada kesempatan yang baik ini, kami ilmubahasa.net ingin membahas seputar mengenai pengertian, jenis, ciri-ciri, struktur, dan contoh-contoh teks eksposisi terbaru. 

Paragraf / teks Eksposisi

Pengertian Paragraf Eksposisi

Pengertian Paragraf Eksposisi adalah teks atau paragraf yang memiliki beberapa informasi dan pengetahuan berwujud teks yang ditulis dengan  singkat, padat, dan jelas. Paragraf eksposisi biasanya bersifat Sains atau bisa juga berwujud non fiksi, bahkan terkadang teks eksposisi biasanya dalam bentuk berita atau artikel yang memfokuskan isi pada sebuah kasus atau masalah sosial, budaya, ekonomi, agama, politik. Pada intinya paragraf eksposisi membicarakan sesuatu fenomena yang diungkapkan dalam sebuah teks berbahasa dan mengandung informasi atau masalah. Sumber  contoh-contoh teks eksposisi dapat ditemukan pada media massa, baik cetak ataupun digital. Anda bisa melihat contoh eksposisi dalam artikel ini, namun sebelum itu, mari kita pelajari teks eksposisi lebih dalam dengan melihat jenis, ciri-ciri struktur dan tujuan eksposisi antara lain sebagai berikut.

Jenis-Jenis Paragraf Eksposisi

•    Teks Eksposisi Laporan
•    Teks Eksposisi definisi
•    Teks Ekskposisi Perbandingan
•    Teks Eksposisi Ilustrasi
•    Teks Eksposisi Klasifikasi
•    Teks Eksposisi Proses

Ciri-Ciri Paragraf / Teks Eksposisi

  • Mendeskripsikan sebuah informasi tentang pengetahuan, khasanah, dan berita.
  • Menggunakan gaya bahasa yang mengajak.
  • Menggunakan bahasa baku resmi dan disampaikan secara lugas dan tegas. 
  • Tujuan penulisan paragraf tidak ada unsur memihak maksudnya tidak memprioritaskan sisi penulis atau interpretasi penulis pada pembaca 
  • Membekali fakta otentik dan akurat sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi  

Struktur Teks Eksposisi

  • Heading (Paragraf pembuka) : Berisi pandangan umum terhadap fenomena yang ditulis
  • Pendapat atau Argumen (Isi) : Berisi pokok bahasan yang sedang dituliskan
  • Replikasi Ulang (Pengulangan dengan penegasan): Berisi mengenai hal-hal yang perlu ditegaskan.

Tujuan Teks / Paragraf Eksposisi

Tujuan teks eksposisi adalah berfungsi guna mendeskripsikan atau memberikan gambaran tentang  infomasi-informasi tertentu sehingga khasanah pembaca bertambah. Teks eksposisi berfungsi juga untuk memberikan pandangan minor pada pembaca agar pembaca bisa membandingkan antara persepsi penulis dan interpretasi umum masyarakat terhadap fenomena atau sebuah masalah yang ditulis dalam teks eksposisi.

Contoh Teks Eksposisi

Contoh Teks atau Paragraf Eksposisi
Kota Jogja adalah salah satu kota yang merupakan bagian dari Indonesia. Jogja merupakan kota yang tidak bisa diremehkan daripada kota lainnya. Gelar Istimewa yang disandang oleh kota budaya ini adalah gelar yang menjadikan kota ini dikenal sedunia. Dihuni oleh sekitar 3.452.390 jiwa membuat jogja memiliki banyak karakter dan budaya yang melingkupinya. Sebagai salah satu propinsi populer di indonesia yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing, jogja selalu mempunyai daya tarik tersendiri dan selalu menginovasi sebuah kebudayaan yang modern bercampur tradisi.

Kota yang menjadi salah satu bagian sejarah Indonesia ini, merupakan kota yang berpenghuni ramah. Memiliki 4 kabupaten, jogja selalu bisa memuaskan para wisatawan yang berkunjung. Pantaslah jika jogja memiliki banyak julukan, misalnya Kota Gudeg, Kota Pelajar, Kota Budaya, Kota Batik, dan yang populer di telinga wisatawan adalah Jogja Never Ending Asia

Sekian dari kami, artikel mengenai Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam Kami.
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top