Friday

Materi Bahasa Indonesia Kelas xii Lengkap – Membedakan Fakta dan Opini



Materi Bahasa Indonesia Kelas xii Lengkap - Materi Bahasa Indonesia SMA sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan, baik dari segi model pembelajarannya atau materi bahasa yang dihadirkan agar siswa kelas xii memiliki kompetensi yang lebih baik dari tahun ke tahun. Perkembangan materi bahasa indonesia yang diajarkan di sekolah menengah atas pun mulai memadukan antara contoh dan teori agar siswa dapat mengaplikasikannya dengan baik.

Materi Bahasa Indonesia SMA pun dalam proses pengembangannya mendapat perhatian khusus dari pihak dinas pendidikan mengingat diantara 3 strata sekolah, SMP, SMA, SMK dalam mengerjakan Ujian Nasional terjadi hal dimana nilai tidak lulus berada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Membedakan Fakta dan Opini

Materi Bahasa Indonesia pun menjadi perbincangan di kalangan para pengajar. Oleh sebab itu melalui berbagai uji coba materi bahasa indonesia secara lengkap bertujuan agar kedepannya dapat membalikkan opini bahwa fakta Materi Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA bukanlah materi yang sulit untuk dipelajari.

Nahhh… , dalam paragraf diatas membahas mengenai materi bahasa indonesia yang kini menjadi pekerjaan besar bagi pemerintah. Fakta atau opini?. Pada kesempatan ini, ilmu bahasa ingin memberikan materi yang berjudul membedakan fakta dan opini. Sebelumnya juga sudah diterangkan bagaimana cara memberikan opini yang baik

Dalam berbahasa lisan, Anda sering mendengar orang mengucapkan kalimat berikut.
1. Kalau berbicara jangan asal, harus ada faktanya, dong!
2. Berdasarkan fakta-fakta yang ada, saya yakin Anda pelakunya.
Pada kalimat-kalimat contoh, terdapat kata fakta. Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan fakta itu? Fakta, biasanya, muncul dalam sebuah informasi, baik informasi secara lisan maupun tulisan. Dalam pelajaran ini, Anda akan mempelajari membedakan fakta dari opini dalam sebuah laporan informasi. Dalam kegiatan sehari-hari, Anda sering mendengar atau membaca berbagai informasi. Informasi berkembang dengan pesat seiring dengan perkembangan teknologi. Berbagai jenis media bermunculan seperti jamur di musim hujan mulai dari media cetak sampai media elektronik. Banyaknya informasi yang berkembang menyebabkan Anda harus mampu memilah informasi dengan baik. Oleh karena itu, keterampilan Anda dalam membaca atau mendengar harus baik. Salah satu keterampilan dalam membaca adalah mampu membedakan teks berisi fakta dari opini. Hal ini mendorong Anda agar lebih kritis dalam memahami sebuah informasi.

Pengertian Fakta

Fakta adalah sebuah anggapan yang dituturkan atau dituliskan oleh seseorang berdasarkan realita atau kenyataan yang sebenarnya. Fakta digunakan untuk mengungkapkan sebuah hal yang benar-benar penting dan berguna bagi masyarakat. Adanya fakta menjadikan sebuah informasi itu benar-benar valid dan memiliki bukti otentik.
Contoh: "Indonesia merdeka pada tahun 1945". Pernyataan tersebut mengindikasikan sebuah fakta yang benar-benar memiliki sumber dan bukti nyata.

Pengertian Opini

Opini adalah sebuah anggapan yang dituturkan atau dituliskan oleh seseorang namun tidak memiliki bukti otentik tuturan yang diberikan. Opini lebih kepada sebuah persepsi atas sebuah peristiwa atau bahkan sama sekali bukan dari sebuah peristiwa. Opini bisa saja mengarah pada hal yang positif atau negatif. Berikut contohnya
1. Menara eifel dulu dibangun oleh alien pada tahun 1923. Itu merupakan opini tanpa dasar realita. atau opini negatif
2. Menara eifel, menurut saya, adalah salah satu keajaiban di dunia yang sampai saat ini merupakan keajaiban yang paling masyur. Ini merupakan opini positif, karena bukti dan dasar yang dituturkan berdasarkan fakta yang ada.

Informasi dapat berbentuk lisan maupun tulisan. Informasi lisan, di antaranya adalah siaran radio/televisi atau laporan secara lisan. Informasi tulisan dapat Anda temukan dalam koran, majalah, tabloid, dan lain-lain. Dalam sebuah laporan, fakta merupakan kejadian yang nyata, sungguh-sungguh terjadi, dan diketahui oleh semua orang. Adapun opini merupakan gagasan atau pendapat yang dikemukakan dan bersifat subjektif. Namun, dalam sebuah informasi, fakta dan opini tidak dapat dipisahkan karena keduanya saling melengkapi.

Demikian materi bahasa indonesia kelas xii tentang memahami fakta dan opini yang kami sampaikan kepada sahabat imbas sekalian. Semoga bermanfaat. Salam kami Ilmubahasa.net
   
Comments
2 Comments

2 komentar

sama samaa mas Ujang.Terimakasih telah berkunjung. kami tunggu kedatangannya lagi

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top