Friday

Imbuhan Atau Akhiran Asing Pada Kata

Mengenal Imbuhan atau Akhiran Asing Pada Kata - Pada teks yang setiap hari kita baca, banyak kata yang menggunakan akhiran asing. Ada imbuahan yang berasal dari bahasa sansekerta, bahasa arab, bahasa inggris atau bahasa belanda. Untuk mengembangkan pengetahuan kita tentang akhiran asing, berikut kami sajikan penjelasannya.
imbuhan atau akhiran asing pada kata

Imbuhan atau Akhiran dari Bahasa Sansekerta (-wan dan -man)

Dalam bahasa Indonesia, terdapat akhiran -wan dan -man yang kita pungut dari bahasa Sansekerta. Dalam bahasa Indonesia, muncul kata-kata baru dengan akhiran -wan dan -man sebagai analog bentuk hartawan dan bangsawan sehingga terbentuk kata-kata seperti: negarawan, usahawan, wartawan, olahragawan dan sejarawan. Akhiran -man dapat kita jumpai, seperti pada kata budiman dan seniman. Dalam bahasa Indonesia akhirn -wan dan -man merujuk pada pria (laki-laki), sedangkan yang berakhir -wati merujuk kepada wanita (perempuan).

Imbuhan atau Akhiran dari Bahasa Arab (-i dan -iah)

Dalam bahasa Indonesia, kita kenal kata-kata pungut dari bahasa Arab: badani, alami, insani dan disamping itu ada pula bentuk-bentuk: badaniah, alamiah, insaniah. Makna imbuhan akhiran -i dan -iah adalah "bersifat/memiliki sifat"

Imbuhan atau Akhiran dari Bahasa Inggris dan Belanda (-is, -isme dan -isasi)

Akhiran -is

Dalam bahasa Indonesia, kita mengenal kata-kata ekonomis, praktis dan logis. Kata-kata itu kita pungut dari bahasa Belanda: economich, praktich, logisch. Akhiran -isch atau -is, ini membentuk kata kata sifat sehingga ekonomis artinya "bersifat ekonomi".

Akhiran -isme

Akhiran -isme mengandung makna "ajaran, paham, aliran". Contoh kata yang menggunakan akhiran -isme diantaranya adalah kapitalisme, materialisme, nasionalisme dan lain sebagainya.

Akhiran -isasi

Sebagian kata-kata bentukan -isasi itu dapat kita kembalikan kepada bentuk indonesia asli. Imbuhan -isasi berarti hal/mengenai. Makna akhiran -isasi sama dengan makna imbuhan pe-an. Misalnya, modernisasi = pemodernan; netralisasi = penetralan; sterilisasi = pensterilan.

Demikianlah artikel kami yang membahasa tentang Imbuhan Atau Akhiran Asing Pada Kata. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika anda memiliki masukan atau kritikan terhadap artikel ini, silahkan tinggalkan komentar dibwah. Salam.
   

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top