Wednesday

Contoh Penulisan Surat Dinas Resmi Perusahaan



Contoh Surat Dinas Resmi Perusahaan. Surat dinas biasanya dibuat oleh suatu instansi, perusahaan ataupun perorangan dengan pekerjaan tertentu. Surat dinas memiliki beberapa macam antara lain surat dinas pendidikan, surat dinas sekolah, surat dinas resmi dan lain sebagainya. Surat dinas resmi perusahaan memiliki fungsi yang sama dengan surat dinas pada umumnya, yaitu sebagai  media untuk berkomunikasi, namun yang membedakannya adalah pada bidangnya saja.

Surat dapat digunakan sebagai barang bukti yang kuat apabila dibutuhkan dalam suatu proses hukum, namun perlu diperhatikan bagian yang penting dalam surat tersebut, misalanya saja kop surat, cap dan tanda tangan yang asli dan sah. Surat dinas tidak sama dengan surat pribadi, ada bagian-bagian yang membedakannya adalah pada surat dinas terdapat kop surat atau kepala surat.

Agar dapat memahami lebih mendalam tentang cara penulisan surat dinas resmi perusahaan kita harus mengetahui bagian-bagian terpenting dalam surat tersebut. Mulai dari tata cara dan penyusunannya pun harus diperhatikan untuk menghindari kesalahan. Berikut ini adalah hal penting yang harus anda perhatikan dalam membuat surat dinas resmi perusahaan.
    surat dinas
  • Yang pertama harus diperhatikan adalah adanya kop surat yang resmi dari suatu perusahaan atau instansi. Biasanya dalam kop surat terdapat nama perusahaan, alamat perusahaan dan logo perusahaan.
  • Dibagian bawah kop surat terdapat Perihal, Lampiran dan Nomor Surat.Penulisannya juga dapat disingkat seperti Hal, Lamp dan No. Tetapi perlu diperhatikan agar tidak mencampur kalimat singkatan dengan kalimat utuh.
  • Penggunaan bahasa harus sesuai dengan Ejaan Yang Dibenarkan (EYD)
  • Terdapat cap atau stempel resmi dari perusahaan atau instansi
  • Ditulis sesuai dengan susunan format surat dinas resmi

Berikut ini kami sajikan contoh penulisan surat dinas resmi perusahaan. Selain format dan susunan surat dinas yang harus benar, pastikan bahwa isi atau tujuan dari surta tersebut sudah jelas dan sesuai dengan tujuan ditulisnya surat dinas tersebut. Setelah itu jangan lupa untuk memberikan cap atau stempel serta tanda tangan dari pejabat yang berwenang.

Contoh Surat Dinas Resmi Perusahaan


No : 27/N11.8.4/DIN/KP/1.2014                                           Purwokerto, 4 September 2014
Lamp : 2 (dua) Lembar
Hal : Tindak Lanjut Workshop

Kepada Yth.
PT. MAJU SEJAHTERA
Jl. Raya Gatot Subroto No. 07 Purwokerto
Banyumas – Jawa Tengah


Menindaklanjuti pembicaraan dengan PT. MAJU SEJAHTERA beberapa waktu lalu mengenai gagasan Workshop bersama, maka dengan surat ini kami mengajukan permintaan tindak lanjut Workshop bersama tersebut.
Adapun rencana jumlah peserta Workshop dari Udar – Ider Corp sebanyak 4 orang, dengan materi dasar pembuatan animasi flash yang bertempat di Plant PT. MAJU SEJAHTERA. Untuk itu kami mohon konfirmasi lebih lanjut mengenai total biaya serta teknis pelaksanaan penyelenggaraan Workshop bersama ini.
Informasi lebih lanjut kami lampirkan proposal pengajuan Workshop.

Konfirmasi dari PT. MAJU SEJAHTERA sangat kami harapkan. Atas perhatiaanya kami ucapkan terima kasih.

a.n. Direktur Utama,
Ka. Unit Pengembangan dan Kerjasama

Bagas Setioso
NRP 190940

Tembusan :
– Direktur Utama (Sebagai Laporan)
– Departemen Keuangan
– Departemen SDM
Semoga pembahasan tentang surat dinas resmi perusahaan diatas dapat menghindarkan anda dari kebingungan mengenai tata cara membuat surat dinas. Dengan adanya artikel ini kami berharap aktifitas dinas anda lancar tanpa terkendala apapun. Salam.
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top