Saturday

Kumpulan Novel Online - NAYLA (Djenar Maesa Ayu)



Ilmubahasa.net - Berikut akan kami ulas dan kami paparkan mengenai Novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu. Sebagai salah satu kumpulan novel populer, Nayla tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda yang gemar membaca novel. Kisah Tokoh “Nayla” adalah seorang perempuan muda, yang mesti meninggalkan ibunya sejak berumur 13 tahun untuk belajar hidup mandiri. Nayla, nama tokoh dalam cerita, menjumpai rasa kecewa ketika ia teringat sosok ibunya yang menjebloskan dirinya ke rumah rehabilitasi anak nakal dan narkotika. Sejak itu ia kemudian frustrasi. Ia meninggalkan ibunya dan belajar hidup mandiri. 

Sinopsis Novel Nayla - Ringkasan Novel Nayla

Cerita ini berawal dari kehidupan seorang gadis malang bernama Nayla. Dalam menjalani kehidupan, Nayla berhadapan dengan berbagai konflik/pertentangan batin, baik pertentangan terhadap dirinya sendiri maupun reaksi terhadap lingkungan seputarnya. Di dalam diri tokoh kadang-kadang timbul persepsi negatif tentang makna kehidupan. Dari berbagai fenomena yang dialami oleh tokoh cerita, muncul kekuatan mental dan pemahaman baru tentang cara memaknai kehidupan. karena terus dirundung berbagai konflik, akhirnya telah terjadi perubahan sikap pada sang tokoh cerita. Ia akhirnya larut dalam kehidupan malam, bekerja menjelma penata lampu di sebuah nite club. apa yang dilakukan oleh nayla, sang tokoh cerita  menjelma bentuk pelarian dari lingkungan keluarga dan lama kelamaan ia hanyut dalam lingkungan yang baru yang serba gemerlapan yang kini selalu menghantui hidupnya.

Cover Novel Nayla

Sejak nayla berumur 2 tahun ayah dan ibunya bercerai. Kemudian Nayla dibesarkan oleh sang Ibu. Cara didikan ibu sangat keras dan kejam. Nayla dilarang untuk mencari siapa ayahnya. namun, diam-diam Nayla menyelidiki dan mencari siapa ayahnya. Pada suatu saat ia berpapasan dengan ayahnya yang  telah beristri lagi. sejak itu, Nayla sering ke tempat ayahnya. perbuatan ini diketahui oleh ibunya. akibatnya, ibunya pun marah besar kepada nayla dan mengusirnya. Malang nasib Nayla. Pertemuan dengan sang ayah pun hanya sekejap saja karena selang beberapa waktu kemudian  ayahnya meninggal dunia. 

Sejak kematian ayahnya, ia frustrasi dan kecewa, seperti membolos dan suka tertawa-tawa sendiri. Keganjilan ini diketahui oleh ibu tirinya. Kemudian, Nayla dituduh pengguna narkoba. beserta akal licik ibu tirinya dan meminta izin ibu kandungnya, nayla dijebloskan ke rumah perawatan anak nakal dan narkotika. Nayla tak tahan dengan usaha kerasnya, kemudian ia kabur dari tempat itu bersama-sama beserta temannya. Nayla tidak pulang ke rumah, namun  ia numpang ke tempat temannya. Sejak itu, Nayla belajar hidup mandiri. Pekerjaan apa saja ia lakukan, seperti merampok dan mencuri. akhirnya, ia dan teman-temannya ditangkap polisi.
               
Hidup Nayla seolah terombang ambing kembali. Ia tidur di terminal. ia melamar pekerjaan dan diterima menjelma penata lampu di sebuah nite club atau diskotik. Ia sekali lagi belajar hidup mandiri. Menyewa rumah sendiri dan memenuhi keperluan sehari-hari sendiri. Ia berpapasan dengan juli seorang wanita yang bekerja di diskotik, mereka berdua menjalin hubungan layaknya sepasang kekasih, nayla tidak peduli dengan pandangan orang lain, yang penting ia bahagia disamping juli, Juli seseorang yang pencemburu,ia tidak suka mengetahui nayla bersama laki-laki ataupun perempuan lain. Baginya nayla seseorang yang wajib ia lindungi. Pada akhirnya, Juli menetapkan untuk meninggalkan Nayla karena ia pindah ke surabaya karena baginya menjalani cinta jarak jauh itu menyakitkan hai, maka ia pilih untuk memutuskan cintanya pada Nayla. 

Nayla menerima itu, dan menjalaninya kandasnya cinta dengan Juli. Kemudian Nayla berpapasan dengan laki-laki yang bernama Ben. Sejak pandangan pertama mencintai nayla, ia bersabar beserta perangai nayla yang keras. sampai akhirnya mereka putus karena ben selingkuh.

Di tempat itu (diskotik) ia mulai mengenal rokok dan minuman. Hidupnya semakin bebas, mulai dari cara berpakaian, berdandan, dan bergaul. Berbagai konflik mulai muncul pada dirinya, baik pertentangan terhadap dirinya sendiri maupun reaksi lingkungan sekitarnya. Misalnya, ia putus dengan pacarnya, berpisah dengan ibunya, teman wanitanya, sampai ia berubah profesi menjadi penulis. Di dalam diri tokoh kadang-kadang timbul persepsi negatif tentang makna kehidupan. Berkat kegigihannya, akhirnya Nayla sukses menjadi pengarang.
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top