Sunday

Cara Berkenalan di Forum Resmi



ilmubahasa.net - Kamu tentu pernah melihat diskusi atau kegiatan bertukar pikiran dalam sebuah forum resmi atau bahkan kamu pernah mengikuti kegiatan yang diadakan dalam forum resmi. Dalam kegiatan bertukar pikiran di forum resmi, tentulah ada moderator yang tugasnya adalah memimpin, mengendalikan, serta memandu jalannya pertukaran pikiran antara pembicara dengan peserta sehingga kegiatan bertukar pikiran akan berjalan dengan teratur. Selain itu seorang moderator juga memperkenalkan diri dan pembicara, mengatur pembagian waktu bicara serta membuat ringkasan hasil pembicaraan. Sebelum memandu acara, seorang moderator akan memulai dengan memperkenalkan diri sebagai pihak yang akan memandu acara serta sekilas tentang identitas diri yang diperlukan sesuai dengan situasi dan kondisi. Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memperkenalkan diri dalam forum resmi. Pertama, jangan sampai muncul kesan menyombongkan diri. Kedua, jangan menghabiskan waktu terlalu lama saat memperkenalkan diri. Sama halnya dengan memperkenalkan diri, pada saat memperkenalkan orang lain (pembicara) dalam forum resmi juga perlu disebutkan identitas dan beberapa hal yang dibutuhkan. Berikut ini adalah hal-hal yang umumnya disebutkan dalam memperkenalkan orang lain (pembicara).
 
a) Nama lengkap termasuk juga gelar.
b) Tempat dan tanggal lahir.
c) Alamat asal dan alamat tempat tinggal.
d) Pekerjaan dan atau jabatan.
e) Pengalaman yang berkaitan dengan pekerjaan atau jabatan.
f) Informasi yang dianggap sesuai dengan kebutuhan dan situasi.
Biasanya identitas ini didapat dari seorang (pembicara) dengan cara memberikan blanko biodata untuk diisi terlebih dahulu atau bisa juga diperoleh dengan cara bertanya. Untuk memperkenalkan seorang pembicara dalam forum resmi, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, lakukan perkenalan dengan sungguh-sungguh, penuh khidmat, dan hindari suara yang bernada sinis. Kedua, lakukan dengan wajar dan tidak berlebihan. Ketiga, bisa diselingi dengan rasa humor dalam batas yang wajar. Keempat, jangan menghabiskan terlalu banyak waktu hanya untuk perkenalan waktu saja. Kelima, upayakan volume suara jelas terdengar serta berilah tekanan pada kata-kata yang perlu. Misalnya saat menyebutkan nama, judul atau topik pembicaraan dan informasi tentang pengalaman pembicara yang relevan denga topik yang dibicarakan. Selain itu tempatkan jeda yang tepat dalam mengungkapkan kalimat
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top