Wednesday

Menulis Makalah

Ilmubahasa.net - Sebuah makalah memberi kesempatan kepada kita untuk menunjukkan apa yang bisa dilakukan: bahwa kita memahami pertanyaan, bahwa kita memahami isu yang berkaitan dengan pertanyaan tersebut, dan bahwa kita telah menyelesaikan bahan bacaan dalam jumlah memadai. Dengan penguasaan tersebut, kita kemudian harus menunjukkan bahwa kita mampu mengkomunikasikan pemahaman kita tersebut kepada orang lain.

Pastikan bahwa kita benar-benar mampu menjawab pertanyaan yang diajukan. jika kita diminta untuk mengevaluasi, atau memilih dan mendiskusikan suatu topik, maka kita harus melakukan sesuai perintah. Jangan sekali-kali menuliskan semua yang kita ketahui tentang subjek yang ditanyakan karena hal itu tidak mungkin relevan.
Menulis Makalah

Dosen pembimbing matakuliah tidaklah mencari jawaban yang benar. Dalam hal ini tidak ada pola khusus yang diikuti. Para dosen pengasuh matakuliah biasanya lebih menitikberatkan perhatian pada seberapa bagus seorang penulis makalah mampu mengolah pembahasan pada kasus yang dipilihnya. Apakah dosen setuju atau tidak setuju dengan pendapat penulis makalah tidakah menjadi faktor penentu dalam menentukan ranking nilai. Ketidak setujuan tidak akan menjurus ke nilai jelek, tetapi makalah yang buruk pasti akan berakibat pada nilai jelek.

Jika ada pendapat penting yang berlawanan dengan kita sebagai penulis makalah, jangan abaikan pendapat tersebut, bahkan kita perlu menghargainya dengan baik. Proses belajar di universitas bukanlah persoalan penentuan kredit poin karena pendapat kita selali dianggap benar, tetapi kita harus menghormati data dan pendapat yang lebih baik. Adalah sangat penting untuk diperhatikan bahwa di dalam menulis makalah, setiap argumen yang kita susun haruslah konsisten, bahasa yang kita gunakan harus jelas, mengikuti tata bahasa dan gaya bahasa yang baik. 

Demikianlah pemaparan dari kami. Semoga bermanfaat bagi anda. Pada dasarnya menulis makalah itu seperti menulis biasa, hanya saja yang membedakan adalah proses penulisan, bahan tulisan, cara penulisan, dan hasil tulisan.

   

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top