Friday

Materi bahasa - Paragraf Efektif


Ilmubahasa.net - Paragraf merupakan gabungan beberapa kalimat yang saling berhubungan satu sama lain dan membentuk satu gagasan atau mendukung satu ide pokok. Paragraf dikenal juga dengan nama lain alinea. Paragraf dibuat dengan membuat kata pertama pada baris pertama masuk ke dalam beberapa ketukan dan spasi. Demikian pula dengan paragraf berikutnya mengikuti alur paragraf pertama.

Pengertian lain dari paragraf adalah satuan bentuk bahasa yang biasanya merupakan gabungan beberapa kalimat yang mengandung satu pokok pikiran atau pikiran utama. Dalam kenyataannya terkadang kita menemukan paragraf yang hanya terdiri atas satu kalimat , dan hal itu memang bisa dimungkinkan. Namun, dalam pembahasan kali ini wujud alinea semacam itu dianggap sebagai pengecualian karena disamping bentuknya yang kurang ideal jika ditinjau dari segi komposisi kalimat yang baik, alinea semacam itu tidak dipakai dalam tulisan ilmiah. 

IlmuBahasa.net
Berikut merupakan ciri-ciri paragraf yang baik.
  1. Hanya mengandung satu ide pokok atau gagasan.
  2. Ada kepaduan dan kesatuan antarkalimat pembentuk paragraf. Paragraf dikatakan padu (kohesif) apabila kalimat-kalimat pembentuknya berkaitan satu sama lainnya. Paragraf dikatakan ada kesatuan (koherensif) jika kalimat-kalimat pembentuknya tidak terlepas dari ide pokok. 
  3. Berunsur kalimat topik atau kalimat utama dan kalimat pengembang dari kalimat utama
Syarat sebuah paragraf, yaitu di setiap paragraf harus memuat dua bagian, yaitu pokok kalimat dan penjelas kalimat. Kalimat pokok adalah kalimat inti yang memuat ide atau gagasan dari sebuah paragraf. Kalimat inti berisi suatu pernyataan yang akan dijelaskan lebih lanjut oleh kalimat lainnya dalam bentuk kalimat penjelas. Kalimat penjelas adalah kalimat yang memberikan penjelasan tambahan atau detail rincian dari kalimat pokok suatu paragraf.

Paragraf efektif juga harus memenuhi dua kriteria, yaitu adanya kesatuan dan kepaduan antar kalimat. kesatuan paragraf maksud kami adalah semua paragraf yang ada hanya membahas satu pokok pembahasan saja yang mengacu pada satu ide gagasan. Anda paham bukan??, jika paragraf terdapat kalimat yang menyimpang dari masalah yang sedang dibicarakan, berarti dalam paragraf tersebut terdapat lebih dari satu ide gagasan. Tenang saja, anda jangan khawatir. Paragraf efektif sekali lagi kami katakan bahwa kepaduan paragraf dapat diketahui dengan baik, logis, dan sistematis, cukup anda memperhatikan dengan baik-baik dan teliti saja.
   

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top