Sunday

Kaidah Penulisan - Memilih Kata (Diksi)

Ilmubahasa.net -  Kata adalah satuan terkecil dari kalimat yang berdiri sendiri dan mempunyai makna. Kata terbentuk dari gabungan huruf yang sudah memiliki makna. Perhatikan kata bunga, mobil, ambil, makan. kata-kata tersebut merupakan kata, karena setiap kata memiliki makna. Kita pasti akan meragukan, bahkan memastikan apakah awdsd, acaaf, gaujam, awisiw bukan kata dari bahasa indonesia karena tidak memiliki makna. 

keraf dalam bukunya Diksi dan Gaya Bahasa (2009) memberikan pengertian bahwa pilihan kata atau diksi jauh lebih luas dari apa yang dipantulkan oleh kata-kata itu. Istilah ini bukan dipergunakan untuk menyatakan kata-kata mana yang dipakai untuk mengungkapkan sebuah ide gagasan, tetapi juga meliputi persoalan gaya bahasa dan ungkapan. Gaya bahasa sebagai bagian dari diksi dengan ungkapan yang individualistik atau karakteristik. 

Memilih Kata


Oleh sebab itu keraf menyimpulkan pemakaian kata dalam sebuah karangan adalah sebagai berikut. 
  • Pilihan kata mencakup pengertian kata-kata yang dipakai untuk menyampaikan suatu gagasan, ungkapan, dan gaya bahasa yang tepat sesuai yang akan diungkapkan penulis itu sendiri.
  • pilihan kata menuntut kemampuan penulis membedakan secara tepat nuansa makna dengan gagasan yang ingin disampaikan kepada pembaca. Karena hal tersebut bisa jadi memiliki nilai khas tersendiri berdasarkan kemampuan penulis itu sendiri.
  • Pilihan kata dapat dikatakan berhasil apabila didukung dengan khasanah pengetahuan dan penguasaan sejumlah besar kosakata yang ditampilkan dalam sebuah tulisan itu sendiri. Hal ini dipengaruhi oleh faktor penulis, apakah penulis banyak membaca referensi untuk menulis ataukah tidak. Sehingga, pada akhirnya pembacalah yang menjadi juri kelayakan anda dalam menulis. Oleh sebab itu amatilah hal- hal diatas agar apa yang anda tulis dengan hasil yang sudah anda tulis memiliki kualitas yang baik bagi pembaca anda. 
  • Penguasaaan kosakata sebagai dasar dalam kemampuan komunikatif anda sebagai penulis secara keseluruhan yang berpengaruh pada hasil tulisan anda. 
Demikianlah yang bisa kami paparkan kepada anda, yang perlu diperhatikan adalah bahwa pemilihan diksi adalah bagaiman anda memiliki kreatifitas dalam proses anda menulis berbanding lurus dengan bagaimana khasanah pengetahuan anda dibangun dalam pembentukan kreatifitas anda. Semoga bermanfaat. Salam

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top