Friday

Hubungan Pertentangan dalam Paragraf

Kali ini akan dibahas masalah paragraf yang di dalamnya terdapat hubungan pertentangan. Hubungan pertentangan adalah hubungan yang menyatakan bahwa apa yang dinyatakan dalam klausa atau kalimat pertama bertentangan dengan apa yang dinyatakan dalam klausa aau kalimat kedua. Bilamana dicermati, sebenarnya hubungan pertentangan dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

1. hubungan pertentangan yang menyatakan penguatan
2. hubungan pertentangan yang menyatakan implikasi
3. hubungan pertentangan yang menyatakan perluasan

1. Hubungan pertentangan yang menyatakan penguatan
Sebuah paragraf dapat dikatakan sebgai paragraf pertentangan yang menyatakan penguatan jika kalimat kedua pada paragraf itu menguatkan informasi yang dinyatakan pada kalimat pertama. Atau dengan kata lain jika pada paragraf itu ada bagian yang menguatkan bagian lain. Dalam kalimat pertama biasanya terdapat kata tidak/bukan dan pada kalimat kedua terdapat kata tetapi/melainkan.

Perhatikan contoh berikut ini dengan saksama!
Selama ini Ida Iasha dikenal sebgai bintang film yang cukup terkenal. Banyak film yang telah dibintanginya. Tampaknya popularitasnya pun semakin meningkat saja. Hal ini karena memang kualitas aktingnya dari waktu ke waktu menunjukka kemajuan yang sangat besar. Dalam filmnya yang baru ini ia bukan saja sebagai pemain. Akan tatapi lebih daripada itu, ia juga sebagai penata rias.
 2. Hubungan pertentangan yang menyatakan implikasi
Sebuah paragraf dapat dikatakan sebagai paragraf pertentangan yang menyatakan implikaasi jika salah satu bagian paragraf itu menyatakan suatu yang merupakan perlawanan dari implikasi bagian lainnya.

Perhatikan contoh berikut ini dengan saksama!
Andi di kalangan teman-temannya dikenal sebgai anak yang ceroboh. Tak pernah sekalipun tugas yang dibebankan kepadanya dapat diselesaikan dengan baik. Pasti selalu ada saja yang kurang. Bahkan tak jarang pula hasil pekerjaanya dapat mencelakakan orang lain. Akan tetapi, selama ini dia tak pernah celaka.
 Dalam kalimat pertama paragra di atas dikemukakan bahwa Andi dikalangan taman-temannya dikenal sebgai anak yang ceroboh. Anak ceroboh seharusnya jika melakukan pekerjaan selalu celaka. Akan tatapi, pada kalimat terkhir paragra tersebut dikemukakan hal yang sebaliknya. Selama ini dia tak pernah celaka.



3. Hubungan pertentangan yang menyatakan perluasan

Sebuah paragraf dapat dikatakan sebagai paragraf pertentangan yang menyatakan perluasan jika dalam paragraf itu ada bagian yang memperluas/memberi informasi tambahan bagian lainnya.

Perhatikan contoh berikut ini dengan saksama!
Mario dan Dora bersahabat sejak bertahun-tahun yang lalu. Bahkan persahabatan mereka ini melebihi dari hubungan keluarga. Padahal, mereka berdua sama sekali ukan satu keluarga. Mereka berdua memang kadang-kadang sempat berselisih pedapat. Bila hal ini terjadi, rasanya mereka tak mungkin dipertemukan lagi. Akan tetapi, perselisihan diantara mereka ini tak pernah mengganggu persahabatan yang telah lama mereka bina selama ini.
 Demikianlah pembahasan dari kami mengenai Hubungan Pertentangan dalam Paragraf, semoga artikel ini dapat berguna untuk kita semua. salam Ilmu Bahasa.

2 komentar

makasih sudah berbagi ilmu yang bermanfaat.., pasti sangat membantu teman-teman dalam mencari bahan referensi untuk mengerjakan tugas.,

Saya juga punya pembahasan mengenai Paragraf., kalau ada waktu jangan lupa mampir baca Tugas Bahasa Indonesia 'Paragraf Deduktif & Induktif dan Tugas Bahasa Indonesia 'Paragraf Argumentasi'. Siapa tahu bisa bermanfaat..

sama samaa.... Terimakasih telah berkunjung. kami tunggu kedatangannya lagi. Semoga harimu menyenangkan

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top