Monday

Definisi Karangan Ilmiah

Ilmubahasa.net - Karangan adalah hasil penjabaran suatu gagasan secara resmi dan teratur tentang suatu topik atau pokok bahasan. Setiap karangan yang ideal pada prinsipnya merupakan uraian yang lebih luas atau lebih tinggi dari alinea. Karangan ilmiah adalah salah satu jenis karangan yang berisi serangkaian hasil pemikiran yang diperoleh sesuai sifat keilmuannya. Suatu karangan dari hasil penelitian, pengamatan, dan peninjauan dikatakan ilmiah apabila memenuhi kriteria sebagai berikut.
  1. Penulisannya berdasarkan hasil penelitan. Hal ini sudah jelas bahwa sebuah penelitian akan memiliki laporan dalam bentuk ilmiah.
  2. Pembahasan masalah secara objektif sesuai dengan fakta yang ada. 
  3. Karangan tersebut mengandung sebuah permasalahan ilmiah yang sedang dicarikan solusinya.
  4. Mempergunakan metode-metode tertentu dan berdasarkan kaidah tertentu dalam proses penulisannya
  5. Bahasanya harus lengkap, teratur, terperinci, dan sesuai EYD.
  6. Bahasa yang digunakan hendaklah benar, jelas, sesuai, ringkas, sehingga tidak akan terjadi salah penafsiran oleh pembaca.
 
Mengenai Karangan Ilmiah
Melihat persyaratan tersebut, penulis karangan ilmiah hendaklah memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam bidang
  • Masalah yang diteliti. Sering kali ini menjadi problem bagi seorang penulis ilmiah. kenapa??, hal yang diteliti sama sekali tidak dikuasai oleh penulis. Tapi ini hanyalah proses saja. Jika penelitian ini sambil berjalan kemungkinan besar anda sebagai penulis tulisan ilmiah tentunya akan memahami sendiri.
  •  Metode penelitian. Ini merupakan hal yang sensitif. Karena bagi para dosen dan kaum cendekiawan yang memahami ilmu bahasa. Metode dalam sebuah penelitian sangatlah penting dan pakem (sakral). Mengapa?, mereka menganggap hal ini adalah kewajiban bagi seorang mahasiswa yang sedang membuat tulisan ilmiah sebagai kelanjutan dari penelitian. Ya... tapi pada prakteknya guru, dosen dalam memberikan metode terkadang tidak sesuai dengan peneliti. Jadi anda harus benar benar memahami metode, agar nantinya tulisan anda dianggap baik, yaaa walaupun menurut kami struktural saja.
  • Teknik penulisan karangan ilmiah, penguasaan bahasa yang baik. Ini menjadi penting dalam sebuah karangan ilmiah mengingat proses kreatifitas dan penyampaian hasil dan tulisan berkesinambungan dengan baik, maksut kami adalah antara apa yang akan anda tulis, karakter anda sebagai penulis, dan penelitian anda haruslah saling membuat lubang- lubang sendiri. agar pembaca atau yang membaca menjadi antusias dengan tulisan anda. 
Demikianlah yang bisa kami sampaikan. Akhir kata tetaplah berpegang teguh pada aturan karangan ilmiah yang ada, karena Indonesia merupakan negara yang menjunjung aturan aturan baik dalam menulis. Semoga bermanfaat. Salam
   

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top