Tuesday

Strategi Menggali Gagasan Dalam Menulis



Ilmubahasa.net - Strategi paling baik untuk menggali gagasan/ ide karangan adalah membaca. dengan membaca, kita akan memperoleh informasi seluas-luasnya sebagai bahan menulis. Bacalah dengan cepat semua sumber informasi yang disediakan oleh perpustakaan tentang subjek yang diminati anda. Ketika membaca mulailah dari sumber bacaan yang bersifat umum, kemudian berangsur-angsur ke bacaam yang bersifat khusus. Untuk apa?, agar pemikiran anda selain lebih luas dalam menggali informasi, pola pikir anda nanti dalam menulis memiliki karakter divergen, sehingga proses anda dalam menulis tidak terkesan monoton dan informasi yang anda dapatkan lebih fokus dan detail sehingga gagasan yang kita kembangkan menjadi informatif.

Aktivitas menulis apapun, jodohnya adalah membaca. Menulis dan membaca berkaitan erat karena menulis membutuhkan wawasan dan pengetahuan yang memadai. Tidak mungkin bukan anda dalam menulis hanya asal-asalan dan tidak ada sumber yang menjadi patokan anda dalam menulis. Gagasan dan wawasan tersebut diperoleh dari hasil membaca, pengamatan, dan diskusi. Oleh karena itu, menulis merupakan pekerjaan intelektual yang harus dikembangkan pada diri seseorang.

Seseorang ketika menulis perlu merumuskan ragam tulisan yang akan dikembangkan. Seseorang harus menyesuaikan ragam tulisan (formal, non formal, santai dll) agar gagasan dan pesannya sampai pada pembaca. Oleh karena itu seseorang penulis perlu merumuskan tujuan dan sasaran pembaca sebelum mengembangkan karangannya. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan gagasan dalam karangan adalah sebagai berikut.
  • Menarik perhatian anda dan khalayak.
  • Isu-isu yang masih hangat (Faktual).
  • Peristiwa-peristiwa nasional maupun internasional yang menjadi perhatian masyarakat.
  • Data dan faktanya jelas serta mudah ditelusuri.
  • Masalah-masalah umum yang dikaitkan dengan politik pendidikan, agama, seni, sastra, dan budaya.
  • Anda harus memahami terlebih dahulu dasar pemilihan topik anda
  • Kejadian-kejadian budaya yang terjadi di lingkungan masyarakat.
  • Memiliki sumber acuan dan pustaka
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda dan selamat bekerja. Terima kasih telah berkunjung di artikel ini. Berikanlah komentar, kritik, dan saran karena sangat membantu kami untuk membangun dan memberikan yang terbaik bagi anda. Salam kami.
   
Comments
2 Comments

2 komentar

mohon untuk bisa dikopi admin... karena saya membutuhkan artikel ini untuk menulis jurnal pendidikan

Silahkan tekan Ctrl+A kemudian tekan Ctrl+C, selanjutnya pastekan pada lembar kerja anda...terimakasih

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top