Tuesday

Dasar Pemilihan Topik Menulis

Ilmubahasa.net - Pemilihan topik menulis merupakan kegiatan awal untuk melakukan proses menulis. Memilih topik bukanlah perkara mudah dalam menulis. Lebih-lebih bagi para penulis pemula. Bagi penulis yang sudah berpengalaman pun terkadang kesulitan dan menghabiskan waktu yang lebih untuk memilih topik karangan, Tentunya terlebih dahulu anda harus mengetahui dasar-dasar pemilihan topik agar antara tema dan hasil tulisan anda tidak mengalami yang kami sebut dengan kesalahan tulisan.

Dilihat dari organisasinya, sebuah karangan terdiri tiga unsur, yaitu isi, bahasa, dan format atau bentuk tulisan. Isi terkait dengan ide gagasan yang dikembangkan dalam sebuah karangan. Bahasa berkaitan dengan diksi atau pemilihan kata-kata, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca. Untuk Format atau bentuk tulisan terkait dengan teknik penyajian anda, misalnya jenis huruf yang anda pakai, tata tulis, penomoran, tabel, gambar dan lain-lainnya. 

Ketiga hal tersebut saling berkaitan satu sama lain dan menentukan kualitas tulisan, ide atau gagasan akan sampai kepada pembaca dengan baik jika didukung dengan kemampuan kebahasaan dan penyajian yang baik. Sekaligus apapun ide tulisan, sebaik apapun tema yang anda bawa dalam tulisan anda, jika teknik penyajiannya dan bahasa yang digunakan kurang baik, maka informasi yang ingin anda sampaikan pun tidak akan sampai kepada pembaca. Begitu juga sebaliknya, format dan bahasanya baik, tetapi informasi yang disampaikan dangkal maka akan menjadi kurang bermakna.

Setiap matakuliah atau matapelajaran biasanya mewajibkan tugas penulisan karya ilmiah dengan memberikan beberapa pilihan topik. Pilihlah topik secara hati-hati, jangan tergesa-gesa atau hanya sekedar sembarangan menulis. mulailah bekerja dan memikirkannya masak-masak pada tahap ini. lakukanlah semua persiapan dan perhitungkanlah juga tugas-tugas dari matakuliah atau matapelajaran lain. Anda tentunya bukan tipe manusia yang hanya sekedar sembarangan saja dalam melakukan pekerjaan bukan?, karena hal ini akan menghindarkan anda dari situasi dimana hal- hal yang tidak diinginkan terjadi pada anda karena kecerobohan anda dalam menulis, seperti begadang, terburu-buru yang pada akhirnya hanya akan membuat tulisan anda tidak bernilai sama sekali. Tulisan anda tidak akan maksimal jika anda sudah mengalami frustasi dan depresi terlebih dahulu dalam menulis karena faktor anda tidak memahami bahan tulisan anda sendiri. 

Karangan terbaik adalah karangan yang ditulis berdasarkan pemilihan topik yang menarik minat tulisannya, bukan banyaknya tulisan yang anda buat, tetapi seberapa besar tulisan anda mampu menarik minat orang lain untuk membaca, dalam hal ini didasarkan pada pemilihan topik yang menarik tentunya bagi anda. Namun, kita perlu kecermatan agar tidak terjebak dengan kesalahan umum: menghabiskan banyak waktu untuk topik tersebut. Padahal, penulis kurang mempunyai kemampuan untuk analisis, atau mengabaikan tugas-tugas matapelajaran/ mata kuliah lainnya. Selamat menulis.

Terima kasih telah berkunjung di artikel ini. Berikanlah komentar, kritik, dan saran karena sangat membantu kami untuk membangun dan memberikan yang terbaik bagi anda. Terimakasih

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top