Saturday

Cerita Novel Online - Selembut Bunga

Ilmubahasa.net- Berikut Ringkasan dan sedikit ulasan Kumpulan Novel Online kami yang sudah kami rangkum sebaik mungkin agar anda bisa mendapatkan informasi atau hanya sekedar membaca Kumpulan Cerita Novel kami.

Pengarang    : Aryanti (24 Juni 1928)
Penerbit    : Gaya Favorit Press
Tahun        : 1978

Cerita Novel Online - Selembut BungaSinopsis Novel Online

Mimi menjumpai Cyntia di sebuah rumah sakit sebagai sesama pasien yang dirawat karena operasi usus buntu. Cyntia adalah istri seorang sosiolog berkebangsaan Australia˗˗bernama Lewis˗˗yang sedang mengadakan penelitian untuk merampungkan buku yang sedang ditulisnya. Perkenalan Cyntia dan Mimi membuat banyak perubahan dalam sikap serta pandangan Cyntia yang semula sangat kaku. Persahabatan kedua wanita ini menular pula kepada suami mereka.

Sebetulnya Cyntia bukanlah orang yang tertarik mempelajari adat-istiadat dan kebudayaan suatu bangsa seperti umumnya orang asing yang berkunjung ke Indonesia. Hal tersebut agak mengecewakan Lewis, tetapi ia tak dapat memaksa istrinya menyatu dengan alam dan manusia Indonesia. Suatu kali Cyntia menegaskan pendiriannya ini, “Saya tidak membenci ataupun menentang kebudayaan kalian. Saya hanya cukup senang dan puas dengan kebudayaan sendiri! Saya merasa bahagia mendengar dan memainkan musik klasik Barat, saya juga senang menonton balet Barat. Saya betul-betul sudah merasa terpenuhi semua kebutuhan jiwa dengan kebudayaan dan kesenian kami sendiri. Apa gunanya saya ikut-ikutan belajar main gamelan? Atau mendengar keroncong, yang terus-terang, sama sekali tidak dapat saya hargai! Bukan salah saya, bukan, bahwa saya terlahir sebagai wanita Barat yang cukup bahagia dengan kebudayaannya sendiri! Saya tidak bisa, dan memang juga merasa tidak perlu bisa, menikmati hasil kebudayaan lain!” (hlm. 23).

Di lain pihak, Mimi menempuh bermacam cara mengajak Cyntia bergaul, antara lain mendukungnya memberi kursus bahasa Inggris di kalangan ibu-ibu. Kursus yang diadakan Cyntia ternyata mendapat sambutan hangat dari para peserta kursus karena penyajian kursus yang khas. Akan tetapi, Cyntia masih belum dapat mengubah penilaian buruk rekan-rekan senegaranya terhadap dirinya. Mereka mengecap Cyntia sombong, kurang bisa bergaul, bahkan kurang mau bergaul.

Sementara itu, Lewis makin sibuk dengan penelitiannya. Tak jarang ia turun desa-desa lalu membuat foto-foto dari berbagai objek yang ia anggap penting, terutama wanita-wanita cantik. Belakangan orang mulai meributkan “hobi” Lewis yang unik itu. Kemudian, beredar kabar burung mengenai perempuan-perempuan simpanan Lewis. Akan tetapi, di universitas tempat ia membantu mengajar beberapa mata kuliah reputasinya amat baik. Ia dihargai sekali sebagai guru yang tidak hanya berpengetahuan luas, tetapi juga pandai bergaul dengan para mahasiswa dan asisten muda (hlm. 48). Kesibukan Lewis dalam pekerjaannya˗˗ditambah ketidakpedulian istrinya terhadap pekerjaan Lewis˗˗menyebabkan ia mengambil seorang pembantu dalam penelitiannya. Wanita yang membantu Lewis˗˗˗namanya Harni˗˗adalah anak Pak Sanyoto, bendahara perusahaan suami Mimi.

Rumah tangga Lewis dan Cyntia memang kurang kokoh, terlebih lagi mereka belum dikaruniai anak. Percekcokan sering terjadi karena keduanya tak mau saling mengalah. Sampai suatu hari Cyntia berkeras pulang ke Australia, tetapi dapat dicegah oleh suaminya dan sebagai gantinya mereka berlibur ke Bali. Dari Bali Cyntia mengirimi Mimi kartu pos bergambar dengan sajak “Selembut Bunga”.

Cyntia sempat pula mengejutkan Mimi. Ia mengumpulkan murid-murid peserta kursus dan rekan-rekan senegaranya beramah-tamah di rumahnya. Tampaknya suatu persoalan telah dapat diatasi oleh wanita keturunan Inggris itu. Ia telah dapat bergaul dengan orang-orang  sekelilingnya.

Di pihak lain, hubungan Lewis dan Harni telah mengundang kecemasan Cyntia. Ia merasa ada sesuatu yang disembunyikan. Kehalusan perasaan wanitanya menangkap bahwa keakraban suaminya dan Harni tidaklah semata-mata hubungan “majikan dengan pembantunya”. Oleh karena itu, tindakan Cyntia menyuruh Lewis memberhentikan Harni cukup beralasan. Sayang, sudah terlambat. Harni telah mengandung anak Lewis.

Mimi dan Adil˗˗suaminya˗˗kemudian mengurus keberangkatan Cyntia ke Australia. Lewis menyesal dan berusaha memohon maaf kepada istrinya. Perkaranya kemudian diselesaikan dengan jalan damai. Memang tak ada niatnya mengawini Harni. Kehamilan Harni hanyalah satu kekhilafan, bukan berdasarkan cinta.
Adil dan Mimi mau tak mau ikut terlibat. Mereka harus berhadapan dengan orang tua Harni yang meminta tanggung jawab Lewis. Namun, sebisanya mereka berupaya dan mengatakan: “jangan diharapkan sesuatu dari orang asing itu!” (hlm. 89). Tak lama kemudian datanglah surat Cyntia yang mengabarkan bahwa ia belum tahu keinginannya menyangkut perkawinannya serta menanyakan keadaan Harni.

Setelah berunding dengan orang tuanya, Harni akan dibawa ke Magelang. Nani, adik Adil, bersedia menampung Harni sampai melahirkan anaknya.
Surat Cyntia datang lagi. Ia mengatakan kepada Mimi bahwa ia bermaksud menyelamatkan perkawinannya. Kemudian, Cyntia akan kembali ke Indonesia untuk membicarakan masalahnya dengan Lewis.

Akhirnya, anak yang dilahirkan Harni dianggap oleh Cyntia sebagai anak kandungnya sendiri. Ia sudah lama mengidamkan kehadiran seorang anak. Harni tak berkeberatan ketika Cyntia dan Lewis ingin mengasuh anaknya, bahkan ia merasa beban berat telah diangkat dari pundaknya. Bayi perempuan itu dibawa ke Australia, lalu dinamai Irene yang berarti: damai.

Resensi Novel Online

                                                                         ***
Novel Selembut Bunga karya Aryanti (nama samara Prof. Dr. Haryati Subadio) ini pada dasarnya terkesan hendak mengangkat soal kebudayaan suatu bangsa yang dilihat dari kaca mata bangsa lain. Novel ini pada tahun 1977 dinyatakan sebagai pemenang hadiah pertama Sayembara Mengarang Novel Femina. Baru setahun kemudian diterbitkan sebagai buku.

     Terima kasih telah berkunjung di artikel kami ini. Berikanlah komentar, kritik, dan saran karena sangat membantu kami untuk membangun dan memberikan yang terbaik bagi anda. Terimakasih

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top