Wednesday

Cerita Novel Online - Sang Guru



Ilmubahasa.net- Berikut Ringkasan dan sedikit ulasan Kumpulan Novel Online kami yang sudah kami rangkum sebaik mungkin agar anda bisa mendapatkan informasi atau hanya sekedar membaca Kumpulan Cerita Novel kami.

Pengarang    : Gerson Poyk
Penerbit       : Pustaka Jaya
Tahun           : 1973

Sinopsis Novel Online

Cerita Novel Online - Sang GuruKedatangan Ben ke Pulau Ternate adalah untuk melaksanakan tugasnya sebagai seorang guru. Ibunya yang sudah tua dan menjanda itu terpaksa dibawanya. Beruntung, mereka berkenalan dengan wanita Manado ketika dalam perjalanan dari Surabaya ke Ternate. Sofie, begitu nama wanita asal Manado itu, adalah seorang guru SKP, yang juga menjalankan tugas yang sama. Dengan begitu, ibu Ben mempunyai teman berbincang-bincang selama dalam perjalanan itu.

Sebagai guru, Ben, bersama ibunya terpaksa menempati gudang sekolah. Untuk beberapa saat, keduanya merasakan kesulitan hidup di tempat yang baru itu. Untunglah, Pak Ismail, ayah Irma, yang menjadi pesuruh di sekolah itu, pernah berkenalan dengan Ben dan mau membantu kesulitannya. Dari hasil berjualan Pak Ismail dapat membantu guru-guru yang umumnya terlambat menerima gaji. “…Guru-guru di sini, atas kebijaksanaan kepala sekolah, meminjam uang dari saya dan kalau gaji mereka datang barulah dikembalikan” (hlm. 25).

Di antara guru yang mengajar di sekolah itu, Frist termasuk guru lama walaupun usianya masih muda. Ia lebih mudah dikenal karena sifatnya yang kocak. Terkadang, ia sering menyindir para guru-guru senior, dengan mengatakan bahwa mereka tak punya metode mengajar yang baik. “Lagi pula, guru-guru senior jaman penjajahan sudah keenakan makan mentega dan brood” (hlm. 30).

Hari-hari selanjutnya Frist mengajak Ben berkenalan dengan teman sesama laki-laki yang belum mempunyai pacar. Mereka menyebut diri dengan sebutan PBB (Persatuan Bujang Bingung). Suatu malam, Ben mengajak Frist ke mess guru-guru SKP. Mereka berbincang-bincang. Sofie yang senang dengan kata-kata yang indah yang membuat Sofie salah tingkah. Sejak kejadian itu, Ben menanti reaksi Sofie.

Suatu hari, Ben mendapat undangan dari Sofie untuk sekadar berkumpul dengan sesame teman Sofie. Namun, pada saat mereka bercengkerama, tiba-tiba di luar terdengar suara senjata dimuntahkan tentara. Aksi itu rupanya kelanjutan dari perkelahian di gedung bioskop ketika Ben bersama Sofie dan seorang temannya, nonton film. Sofie yang ketakutan itu bersembunyi di bawah kolong tempat tidurnya. Saat yang sama Ben juga berdiam di sisi Sofie. Tanpa disadari gadis itu telah memeluk Ben rapat-rapat. Ketika suasana telah tenang, Ben meninggalkan Sofie. Di jalan, ia bertemu dengan seorang komandan Mobrig. Komandan itu meminta kesediaan Ben untuk menyampaikan surat kepada komandan yang mendiami benteng bekas milik VOC. Surat itu berisi ajakan berdamai.

Perdamaian tidak tercapai karena masing-masing anak buah tak dapat menahan emosi. Perang pun berlanjut. Ben membawa ibunya ke tempat yang lebih aman. Kota-kota telah hancur. Ben bertemu dengan seseorang yang mengenalnya. Orang itu memberi Ben sebagian mutiara hasil curiannya. Di kota, warung milik Pak Ismail telah hancur. Pak Ismail sendiri selamat. Kemudian, dia diizinkan untuk membukan warung di halaman dekat sekolah.

Keadaan telah aman. Sementara hubungan Ben dengan Sofie bertambah erat. Suatu ketika, Ben, Sofie bersama Frist dan Irma, dan adiknya, Said, pergi ke pantai. Mereka menikmati kehidupan cinta mereka. Namun, tiba-tiba sebuah kecelakaan terjadi. Said mendapat musibah saat ia terjun dari rakitnya yang menyebabkan lehernya patah. Mereka membawa Said ke Manado. Keberangkatan mereka ke Manado sekaligus untuk mewujudkan maksud Ben. Bersama ibunya, Ben akan menemui orang tua Sofie guna meminang gadis itu.

Setibanya di Manado, Pak Ismail, dengan mutiara hasil curiannya sewaktu peperangan, kini telah membuka warung yang disewanya dari seseorang di kota itu. Namun sayang, selang beberapa waktu, Said tak dapat ditolong. Anak itu meniggal dunia.

Beberapa hari setelah kematian Said, Ben melangsungkan pernikahannya dengan Sofie. Terjadi pertengkaran kecil di antara mereka karena Sofie mengetahui, Ben telah mencuri mutiara.

Hari-hari berikutnya, kota Manado menjadi suram. Sementara Sofie merasakan gejala kehamilan. Dikabarkan bahwa daerah Manado telah diduduki Permesta. Ben mengatakan pada istrinya bahwa ia ingin masuk tentara. Namun, Sofie tidak mengizinkannya.

Ternyata Frist pun telah menjadi tentara. Ben dan Frist ditempatkan di staf. Namun, mereka tetap dikenakan jaga malam. Melalui seorang famili yang kebetulan menjabat sebagai komandan tentara, Sofie mengutarakan ketidaksetujuannya itu. Akhirnya, Ben dikeluarkan dari dinas ketentaraan.

Frist yang mengetahui bahwa Ben telah keluar dari tentara, datang membawa alat pemarut kelapa. Frist tahu ayah Sofie memiliki kebun kelapa yang luas. Dengan alat parutan kelapa itu Ben dengan senang hati melaksanakan profesi barunya. Kelapa diolah menjadi minyak dan minyak itu dibawanya ke warung Pak Ismail, mertua Frist.

Resensi Novel Online

                                                                    ***
Novel Gerson Poyk, Sang Guru (1973), paling tepat bila digolongkan ke dalam kelompok novel-novel daerah.” Demikian antara lain, komentar yang dikemukakan Teeuw (1989; 185) atas novel ini. Memang, novel Sang Guru yang mengambil latar di daerah Ternate itu, cukup menarik menggambarkan kehidupan –terutama para guru- di pulau itu. Walaupun mengenai adat-istiadat masyarakat di kepulauan itu belum terangkat secara jelas, penggambaran latar tempatnya sendiri cukup mengesankan.
Demikianlah, novel ini sedikit banyak telah menampilkan salah satu segi kehidupan di Ternate pada masa sekitar terjadinya pemberontakan Permesta.

     Terima kasih telah berkunjung di artikel kami ini. Berikanlah komentar, kritik, dan saran karena sangat membantu kami untuk membangun dan memberikan yang terbaik bagi anda. Terimakasih
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top