Friday

Cerita Novel Online - Pelabuhan Hati

Ilmubahasa.net- Berikut Ringkasan dan sedikit ulasan Kumpulan Novel Online kami yang sudah kami rangkum sebaik mungkin agar anda bisa mendapatkan informasi atau hanya sekedar membaca Kumpulan Cerita Novel kami.

Pengarang    : Titis Basino P.I. (17 Januari 1939)
Penerbit       : Pustaka Jaya
Tahun           : 1978

Cerita Novel Online -  Pelabuhan HatiSinopsis Novel Online

Cinta Rani yang begitu besar kepada Ramelan, seorang mahasiswa fakultas teknik, telah membuat gadis itu rela berkorban demi mewujudkan harapan cintanya itu. Ia rela membiayai kuliah kekasihnya sampai Ramelan menyelesaikan studinya dan menjadi insinyur. Ia juga nekat lari dari orang tuanya, kemudian kawin dengan Ramelan secara sederhana. Dari upahnya menerima jahitan, semuanya dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Masa-masa bahagia pun mereka rasakan. Ramelan kemudian bekerja di berbagai proyek, di samping mengajar di beberapa perguruan tinggi. Satu per satu anaknya lahir; “Dua anak laki-laki yang beringas dan dua gadis manis yang cerdik” (hlm. 8). Mereka hidup dalam curahan kebahagiaan di sebuah rumah sederhana.

Lambat-laun penghasilan Ramelan makin meningkat. Secara pasti kehidupan mereka tak lagi kekurangan. Bahkan sebuah rumah gedung sedang dipersiapkan secara diam-diam, walaupun Rani sendiri mengetahui rnacana itu.

Suatu hari, teman Rani, Sofia, mengundang Rani untuk datang ke rumahnya. Tanpa sepengetahuan suaminya, Rani memenuhi undangan itu. Sofia kemudian mengajaknya ke tingkat atas. Dari sana, tampak ada sebuah rumah yang sedang dibangun. Letaknya persis bersebelahan. Saat itu, tampak jelas di hadapan mata Rani; suaminya sedang bergandengan tangan dengan seorang wanita muda. Sebuah pemandangan yang membuat Rani percaya dan tidak percaya. Ramelan yang dahulu ditolongnya hingga menjadi insinyur, suaminya yang sedang mempersiapkan rumah impian untuk dirinya dan keempat anaknya, di hadapannya kini sedang bermesraan dengan perempuan lain. Inilah awal keretakan rumah tangga mereka.

Sejak kejadian itu, Rani memutuskan untuk tinggal bersama keempat anaknya. Ia tak ingin lagi bertemu dengan laki-laki yang telah mengkhianati cintanya. Sungguhpun begitu, Ramelan sendiri masih tetap berusaha untuk membiayai sekolah anak-anaknya.

Untuk mengisi kekosongan dan menambah biaya hidupnya sehari-hari, Rani kembali membuka usaha jahitan. Ia mulai terbiasa dengan keadaannya sekarang. Para pelanggannya pun dari hari ke hari makin bertambah. Salah seorang pelanggannya adalah Laksmi. Wanita cantik itu mulai akrab dengan Rani.

Namun, rupanya kedukaan Rani harus kembali terulang. Ketika hendak berbelanja keperluan jahitannya di Blok M, ia melihat Laksmi, pelanggannya itu, sedang asyik bergandengan tangan dengan Ramelan. Maka, kesimpulan pun jatuh sudah; Ramelan adalah laki-laki jalang yang selalu berganti-ganti wanita. Belakangan diketahui bahwa sesungguhnya Ramelan sudah resmi menjadi suami Laksmi. Namun, bagi Rani sendiri, peristiwa itu makin membuatnya tak lagi perlu percaya kepada laki-laki.

Dari hasil jerih payahnya selama itu, Rani kemudian merombak rumahnya dan menambah beberapa kamar untuk disewakan. Dari hasil menyewakan kamar-kamar itu, kehidupan Rani mulai membaik walaupun bekas suaminya tak pernah lagi mengirimkan uang untuk biaya anak-anaknya sekolah. Anak-anaknya pun mulai akrab dengan para penyewa kamar-kamar itu. Namun, rupanya keakraban itu justru dilihat lain oleh para tetangganya. Gosip buruk pun berkembang hingga sampai telinga bekas suaminya.

Rani sendiri tidak mau mempedulikan semua kabar busuk itu. Ramelan yang mencoba menyuruh Rani untuk tidak lagi menyewakan kamar-kamarnya, juga tidak digubris. Ia yakin pada jalannya sendiri yang memang tidak hendak ia nodai.

Lebih dari dua tahun Rani menjalani kehidupan seperti itu. Sampai akhirnya, Wastu dan Pragantha, dua mahasiswa fakultas teknik yang sudah sejak lama tinggal di pondokan Rani, meminta Rani agar menghadiri ujian skripsi mereka. Tentu saja Rani tidak berkeberatan. Pada hari yang ditentukan, ia datang ke tempat kedua mahasiswa itu melangsungkan ujian akhirnya. Hasilnya adalah mereka lulus dan berhak menyandang gelar insinyur.

Peristiwa itu bagi Rani, barangkali tidak lebih sebagai peristiwa biasa, sungguhpun sebelum pulang, ia sempat berjumpa lagi dengan bekas kekasihnya dahulu sewaktu ia belum berhubungan dengan Ramelan. Namun, seperti juga kejadian sehari-hari, ia kembali kepada kesibukannya mengurusi anak-anaknya.

Sore harinya, datang telepon dari Laksmi yang mengabarkan bahwa Ramelan sakit keras dan kini sedang dirawat di rumah sakit Petamburan. Dalam keadaan seperti itu, bagaimanapun, hati nurani Rani tak tega melihat bekas suaminya dalam keadaan demikian. Ia pun memutuskan untuk menjenguk bekas suaminya. Saat itu juga ia berangkat bersama keempat anaknya.

Laksmi rupanya sudah menunggu di sana. Kini Rani melihat, betapa orang yang pernah ia cintai, ayah anak-anaknya itu, hanya terbaring tak berdaya. “Aku membaca surat Yasin yang ada di tangan kiri dan tangan kananku memenggam erat tangan Ramelan. Tanpa kusadari, selama ayat-ayat suci itu kubaca dengan khusyuk, Ramelan telah berhenti bernapas” (hlm. 129).

Ramelan telah mengakhiri hidupnya di hadapan Rani, bekas istrinya yang tabah; Laksmi, istri mudanya yang masih menangis, dan keempat anaknya yang memandang kosong ke arah kegelapan malam. Rani menyongsong keempat anaknya; melangkah ke masa depan.

Resensi Novel Online

                                                                     ***
Novel karya Titis Basino ini, tampak jelas hendak mengangkat ketabahan seorang wanita, seorang ibu dengan keempat anaknya. Secara keseluruhan novel ini dibangun oleh jalinan peristiwa yang lancer dan tidak terlalu rumit. Pesan pengarangnya untuk menampilkan citra wanita sejati, boleh dikatakan berhasil lewat penokohan yang tidak terlalu kompleks.

     Terima kasih telah berkunjung di artikel kami ini. Berikanlah komentar, kritik, dan saran karena sangat membantu kami untuk membangun dan memberikan yang terbaik bagi anda. Terimakasih
   

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top