Thursday

Simpulan (Menarik Kesimpulan)

simpulan dan menarik kesimpulan induktif deduktif

Pengertian Simpulan

Menyimpulkan berarti menyampaikan atau menetapkan pendapat (opini) berdasarkan hal-hal yan disimak, dilihat, didengar atau dibaca. Simpulan atau pendapat yang diambil menunjukkan pokok atau inti dari informasi tersebut atau hal-hal yang disimak, dilihat, didengar atau dibaca.
Teknik membuat simpulan dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu sebagai berikut.

Macam-macam simpulan

1. Simpulan secara deduktif adalah simpulan dengan cara menyampaikan gagasan utama kemudian diikuti beberapa gagasan lain sebagai penjelas.
Contoh:
Peran perempuan Indonesia sangat vital dalam pembangunan bangsa untuk menjawab hambatan dan tantangan ke depan sehinga perempuan INdonesia bukan lagi hanya sebagai pengasuh, pembantu, dan pendidik, tetapi lebih dari itu. Perempuan Indonesia harus mempersiapkan diri untuk menerima segala ilmu yang bermanfaat bagi perkembangan permpuan Indonesia. Perempuan Indonesia harus bertanggung jawab atas kelangsungan sumber daya manusia indonesia.

2. Simpulan secara induktif adalah simpulan dengan cara menyampaikan beberapa pikiran/pendapat yang bersifat khusus dan diakhiri oleh gagasan utama sebagai inti dari pendapat atau simpulan.
Contoh:
Setiap ia berangkat kerja, anak-anaknya belum bangun dari tidurnya. Ia bekerja di sebuah perusahaan luar kota. Setiap hari pulang kerja anak-anaknya sudah tidur semua. Akibat kurangnya kasih sayang orang tua, anak-anaknya terjerumus pada narkoba.

3. Simpulan secara deduktif-induktif (campuran) adalah cara menarik kesimpulan dengan menyampaikan gagasan utama kemudian diikuti oleh gagasan-gagasan khusus sebagai penjelas dan diakhiri oleh gagasan utama sebagai penegas.
Contoh:
Pemikiran kepala desa (pilkades) di desa Sugihan, kecamatan Balaikerta akan diulang. Pengulangan ini disebabkan oleh kekalahan calon tunggal. Hampit di seluruh TPS di desa tersebut dimenangkan oleh bumbung (kotak) kosong. Menurut peraturan yang berlaku, pilkades di desa Sugihan harus diulang.

Menarik suatu kesimpulan dapat dilakukan dengan cara menjadika gagsan utama sebagai dasr atau pedoman dalam merumuskan kesimpulan. Berdaskan gagsan utama, kita dapat mengetahui informasi yang diuraikan suatu paragraf secara menyeluruh dengan tidak perlu membaca penjelasannya.

Demikian cara menyimpulkan suatu uraian atau pendapat. Agar cara menyimpulkan pendapat berjalan lancar, perlu diperhatikan hal-hal berikut.
1. Menggunakan bahasa lugas, sederhana.
2. Menggunakan bahasa efektif/singkat, jelas, tepat.
3. Pendapat disertai alasan, bukti yang meyakinkan
4. Kesimpulan tidak keluar dari permasalahan.
5. Memahami seluruh materi.
   

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top