Thursday

Menerapkan Pola Gilir dalam Komunikasi



pola gilir dalam komunikasiPengertian Pola Gilir Berkomunikasi

Keberhasilan komunikasi ditunjang oleh salah satu cara berkomunikasi. Pola gilir dalam komunikasi adalah menerapkan pola gilir berkomunikasi atau bergantian dua arah. Jika salah satu sedang menyampaikan gagasan, yang lain, yaitu lawan bicara, perlu memerhatikan dan mendengarkannya.

Dalam pola gilir percakapan atau komunikasi yang benar ini, komunikasi dijaga agar dapat berjalan lancar dan seimbang. Kedua belah pihak dapat bergantian sesuai topik pembicaraan.

Beberapa sikap yang dimiliki ketika menerapkan pola gilir dalam komunikasi adalah sebagai berikut.

1. Menghargai Mitra Bicara

Siapa pun dan bagaimanapun keadaan lawan bicara, kita tetap menghormati dan menghargai. Agar memudahkan saat berbicara sebaiknya kita berhadapan satu sama lain. Saling berhadapan saat berbincang memudahkan kita dalam menerima pesan dan memahami pesan dari lawan bicara.Sehingga akan terciptakan komunikasi yang sempurna.

2. Peka terhadap Kesempatan

Kita harus mengetahui kapan saatnya (kita berbicara dan kapan saatnya diam untuk mendengarkan). Apabila hal ini tidak terjadi antara beberapa seseorang yang sedang berbicara, akan berakibat kurang lengkapnya informasi yang diterima oleh masing-masing pelaku (orang yang berbicara), karena sebelum lawan bicara selesai menyampaikan pesan, kita sudah telah menyela terlebih dahulu yang berarti pesan belum tersampaikan dengan lengkap. Biasanya jika kita menghiraukan poin ke dua ini akan timbul salah paham.

3. Sadar akan Relevansi Pembicaraan

Pembicaraan akan berjalan lancar dan mencapai tujuan jika arah pembicaraan tidak keluar dari topik. Fokuslah pada satu arah pembicaraan agar kita dapat menggali informasi secara benar dan utuh. Seringkali jika seseorang berbicara mudah untuk merambat ke arah pembicaraan yang lain ke topik yang melenceng dari topik pembicaraan semula. Berusahalah untuk menyelesaikan satu topik sebelum memulai topik yang baru.

4. Penggunaan Kalimat yang Santun

Pemilihan kata atau ungkapan yang santun akan membantu kenyamanan dalam berkomunikasi. Penggunaan kalimat yang santun dapat meyakinkan lawan bicara bahwa informasi yang akan disampaikan sangat penting dan lawan bicara pun akan lebih mudah mencerna setiap pesan yang diterimanya

Fungsi Pola Gilir dalam Komunikasi

Fungsi pola gilir dalam komunikasi, meliputi beberapa jenis dilihat dari aspek penggunaannya.
  1. Fungsi pola gilir berbicara. Pola gilir yang digunakan pada saat komunikasi biasa atau informal
  2. Fungsi pola gilir diskusi atau rapat kerja. Pola gilir yang digunakan pada situasi diskusi dengan menggunakan bahasa formal
  3. Fungsi pola gilir dalam debat. Pola gilir yang digunakan pada situasi debat dengan menggunakan bahasa sesuai konteks dan istilah tertentu.
  4. Fungsi pola gilir dalam negosiasi. Pola gilir yang digunakan dalam jual beli, tergantung bagaimana penggunaan bahasa yang mengarahkan pada sebuah asumsi, apakah berdasarkan istilah tertentu atau istilah umum. Maksud istilah umum adalah istilah yang ada pada kamus

Manfaat Pola Gilir

Penggunaan pola gilir yang tepat dapat memberikan efek yang baik pada penerapan pola gilir yang baik, maksudnya adalah berkaitan dengan komunikasi verbal. Pola gilir dalam komunikasi sangat penting, mengingat dengan menerapkan beberapa hal sebelumnya diatas menjadikan sebuah situasi komunikasi menjadi efektif, karena tidak bertele-tele. Hal tersebut merupakan manfaat pola gilir yang membuat komunikasi menjadi dua arah atau two ways of communication. 
Demikian beberapa hal mengenai Pola gilir dalam komunikasiSemoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Salam
 
   
Comments
12 Comments

12 komentar

Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda. Saya juga mempunyai E-book mengenai Komunikasi di E-book Komunikasi

Terimakasih. Artikel ini dikirimkan sahabat imbas dari Ui

Sama sama... Terimakasih telah berkunjung
Jangan lupa bookmark yaa..^_^

Sama sama... Semoga bermanfaat

Terimakasih Kembali... Semoga bermanfaat bagi anda

Sama sama zelvia.. Semoga bermanfaat ya..
Sepertinya dalam artikel ini dr 3 telkom banyak yang nimbrung

sama samaa Terimakasih telah berkunjung. kami tunggu kedatangannya lagi

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top